Bupati Arief Rohman Pede Blora Masuk 10 Besar Kabupaten Terinovatif 

Kabupaten Blora menyodorkan inovasi pertanian yang menjadi ujung tombak perekonomian Kota Sate itu.

Minggu, 01 Oktober 2023 | 13:54 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blora - Pemkab Blora optimis masuk dalam 10 besar kabupaten terinovatif se-Indonesia dalam penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023. Saat ini, Blora masuk dalam 21 besar.

Kabupaten Blora menyodorkan inovasi pertanian yang menjadi ujung tombak perekonomian Kota Sate itu. Blora-arief-rohman'>Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, dirinya optimistis Blora masuk 10 besar IGA 2023.

BERITA TERKAIT:
Guru di Blora Diminta Ikut Berperan Atasi Anak Tidak Sekolah
Desanya Terdampak Pembangunan Bendungan Karangnongko, Lima Kades di Blora Konsultasi ke UGM 
Kartu LC di Blora Ditarik karena Timbulkan Kontroversi
Sudah Lama Diusulkan, Nama Jalan Pramoedya Ananta Toer di Blora Belum Juga Diresmikan 
Pemkab Blora Segera Bangun Puskesmas di Desa Getas Kradenan 

Ia menyodorkan inovasi pertanian yang bernama Gerakan Sejuta Kotak Umat yang merupakan gerakan masyarakat untuk memanfaatkan kotoran ternak. ‘’Dalam inovasi itu, tujuannya kotoran ternak dimanfaatkan agar mempunyai nilai tambah ekonomi (menjadikannya sebagai pupuk organik). Sehingga mampu memberikan kesejahteraan keluarga petani,” jelasnya.

Selain itu, di bidang pendidikan, Blora mempunyai inovasi sistem informasi layanan anak tidak sekolah (Silat). Yakni, aplikasi berbasis situsweb untuk melakukan verifikasi, intervensi, monitoring, dan evaluasi anak tidak sekolah (ATS).

"Kami berharap Blora jadi kabupaten organik. Dan angka putus sekolah tertangani. Semoga Blora bebas dari ATS,” ungkapnya.

Menurutnya, IGA merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat terhadap keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

‘’Dengan penghargaan IGA itu diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah. Yakni, terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah,” bebernya.

Diketahui, Kabupaten Blora berhasil meraih prestasi IGA 2022 dengan predikat kabupaten sangat inovatif. Bupati Arief menambahkan, IGA merupakan penyemangat bagi daerah-daerah dari Kemendagri untuk melakukan terobosan-terobosan inovasi.


 

***

tags: #bupati blora arief rohman #blora #innovative government award

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI