Walikota Semarang Perintahkan BPBD Dirikan Dapur Umum di TPA Jatibarang

Dapur Umum penting guna support konsumsi petugas gabungan yang memadamkan api. 

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:51 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) memerintahkan BPBD Kota Semarang mendirikan dapur umum di lokasi kebakaran TPA Jatibarang, Kedungpane, Mijen. dapur umum penting guna support konsumsi petugas gabungan yang memadamkan api

Dia menjelaskan pihaknya memperhatikan suplai makanan bagi para petugas. Dia telah mengintruksikan BPBD untuk membuka dapur umum. Dia juga meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Semarang bergotong royong memenuhi kebutuhan makanan para petugas. Setiap OPD dijadwal untuk mengirim makan pagi, siang, maupun malam. Sedangkan, dapur umum difokuskan untuk menyediakan kudapan cemilan. 

BERITA TERKAIT:
Dapur Umum Pengungsian Banjir di Grobogan Bagikan 4.000 Nasi Bungkus untuk Sahur dan Buka Puasa
Puluhan Dapur Umum Siapkan Bantuan Makanan untuk Korban Banjir di Grobogan
Dapur Umum di Pekalongan Penuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat Terdampak Banjir
Mbak Ita Pastikan Korban Banjir Semarang Mendapat Makanan Sehat dan Bergizi
20 Ribu Nasi Bungkus Dibagikan ke Warga Korban Banjir di Kota Semarang

"dapur umum ini saya minta konsentrasi kudapan-kudapan, seperti mendoan, bakwan pisang goreng, serta suplai teh kopi. Teman-teman dinas juga saya bagi ngirim mentahan seperti ubi, sukun, singkong, pisang untuk dimasak di dapur umum," kata Mbak Ita, saat meninjau lokasi, pada Minggu (8/10). 

Dia berharap, dengan adanya dapur umum, petugas bisa secara prima memadamkan kebakaran. Selain dapur umum, pihaknya melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang menyiagkan satu Ambulance Hebat. Fungsinya, untuk memberikan suntikan vitamin kepada para petugas. 

"Ambulance hebat saya minta 24 jam. Keperluan vitamin baik suntik, infus, atau pil kami sediakan," papar Ita. 

Menurutnya, para petugas sangat terbantu dengan adanya pelayanan suntik vitamin dan pelayanan kesehatan lainnya. Diakuinya, mayoritas petugas memang meminta pil vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama pemadaman. 

"Yang infus atau suntik vitamin mungkin tidak banyak, bisa dihitung jari, pada takut jarum suntik. Kebanyakan minum pil vitamin," terangnya.

***

tags: #dapur umum #konsumsi #memadamkan api #tpa jatibarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI