Peringati HUT ke-52, KORPRI Cilacap Salurkan Bantuan AIr Bersih untuk Warga Panikel

HUT KORPRI Ke-52 tahun 2023 diisi dengan berbagai acara bakti sosial.

Senin, 23 Oktober 2023 | 22:24 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Dalam rangka memperingati HUT Ke-52, KORPRI Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyalurkan 1500 liter bantuan air bersih untuk masyarakat Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut yang terdampak kekeringan, Senin (23/10/2023). 

Dalam sambutannya Camat Kampung Laut, Heru Kurniawan menyampaikan terimakasih kepada KORPRI Kabupaten Cilacap atas kepedulian dan bantuannya untuk masyarakat Kampung Laut yang kekurangan air bersih akibat bencana kekeringan.

BERITA TERKAIT:
Upacara HUT Korpri, Walikota Semarang Singgung soal Kinerja hingga Netralitas ASN
Bupati Sragen Berpesan ke ASN: Loyalitas Perlu dan Wajib Dilakukan
Sebanyak 13 Pasutri Dapat Bantuan Hukum Sidang Itsbat Nikah Terpadu di Boyolali
Pemprov Jateng Ikrar Netralitas Setiap Senin Guna Jaga Komitmen Netralitas ASN dalam Pemilu
Bertepatan HUT KORPRI, 177 Lurah di Semarang Dihadiahi Motor Baru Vario Merah

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan air bersih kepada masyarakat Kampung Laut yang terdampak kekeringan, karena hampir setiap tahun warga masyarakat Kampung Laut sebagian besar pada musim kemarau itu pasti mengalami dampak kekeringan,” katanya.

Heru mengungkapkan kekeringan di Kampung laut, diakibatkan masih banyak wilayah yang belum dilalui aliran dari PDAM dan sebagian masyarakatnya masih memanfaatkan curah hujan untuk mendapatkan air bersih. Saat musim kemarau seperti saat ini, banyak warga Kampung Laut yang harus ke Nusakambangan menggunakan perahu untuk mengambil air bersih.

“Walaupun sebagian dusun sudah masuk aliran PDAM. Tapi untuk beberapa wilayah desa masih menggunakan curah hujan. Jadi kalau musim kemarau mereka ngangsu atau mencari air di sumber mata air di Nusakambangan, jadi membutuhkan biaya yang cukup besar, mereka ngangsu 1 perahu itu sekitar 500 ribu untuk kebutuhan 1 minggu,” bebernya.

Menanggapi pemaparan Camat Kampung Laut, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri menyampaikan kali ini KORPRI bersama dengan DWP serta beberapa pihak lain datang ke Desa Panikel di Kecamatan Kampung laut untuk memberikan bantuan 1500 liter air. Bantuan rencananya akan diberikan di 6 titik pada hari ini.

“Khusus untuk KORPRI dan DWP termasuk PKK di beberapa titik kecamatan/ desa untuk memberikan bantuan. Hari ini 6 titik, kalau kurang nanti akan koordinasi lagi dengan bpbd, pdam dan ada dengan PMI juga. 1 mobil 5000 liter, Desa Panikel 3 mobil/ 1500 liter air,” terangnya.

Kekurangan air bersih, kata Awaluddin merupakan salah satu dampak dari kemiskinan ekstrem di Kabupaten Cilacap. Maka perlu penyelesaian kemiskinan ekstrem terlebih dahulu jika ingin membereskan permasalahan air bersih ini.

“Kekurangan air bersih ini salah satu dampak kemiskinan ekstrem jadi kalau kemiskinan ini terselesaikan masyarakat nantinya pasti akan memiliki sumber air bersih sendiri. Di Cilacap ada hampir 20 Kecamatan ini kekeringan banyak membutuhkan air. Karena itu dari organisasi-organisasi banyak yg kita gerakakan untuk membantu masyarakat,” pungkasnya.

HUT KORPRI Ke-52 tahun 2023 diisi dengan berbagai acara bakti sosial seperti Bantuan Rumah Tidak Layak Huni, Santunan Anak Yatim Piatu, Bantuan Gerobak Modal Usaha, bantuan air bersih, Bantuan Paket Sandang, Bantuan PMT Ibu Hamil KEK dan Balita Stunting serta Bantuan Beras untuk LKSA. 

***

tags: #korpri #kabupaten cilacap #kekeringan #bantuan air bersih #bakti sosial

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI