Diduga Gesekan Ranting Pohon, Lahan Gunung Merbabu di Getasan Semarang Terbakar

Angin kencang mempercepat luasnya area kebakaran.

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 09:58 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Getasankebakaran hutan dan lahan terjadi di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jumat (27/10). Petugas dari Polsek Getasan Polres Semarang pun turut serta menangani kebakaran ini.

Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian yang awal mula terjadi sekitar pukul 10.00 Wib. 

BERITA TERKAIT:
Nana Sudjana dan Ratusan Elemen Masyarakat Tanam 3.400 Bibit Pohon di Taman Nasional Gunung Merbabu
Patroli di Gunung Merbabu, Petugas Gabungan Getasan Temukan Bara Api
Diduga Gesekan Ranting Pohon, Lahan Gunung Merbabu di Getasan Semarang Terbakar

"Benar bahwa Polsek Getasan mendapat laporan dari relawan Taman Nasional Gunung Merbabu , bahwa terjadi kebakaran hutan TNGM yang masuk wilayah Dusun Sokowolu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan,” kata Ari. 

Mengetahui hal tersebut, Kapolsek beserta Personel Polsek Getasan dibantu Personel Koramil Getasan menuju ke lokasi titik api. Di lokasi titik api yaitu di Dusun Sokowolu, Personil Polsek dan Koramil bergabung dengan relawan serta warga untuk memadamkan api. 

"Kami bersama jajaran TNI dari Koramil Getasan, relawan dan warga sekitar melakukan penyisiran sejauh kurang lebih lima kilometer dari jalan arah Dusun Ngaduman. Kami gunakan alat seadanya untuk memadamkan api,” jelasnya.

Hingga pukul 17.00 Wib, Kapolsek menyampaikan lahan lereng gunung merbabu sebagian besar berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Tim gabungan masih bersiaga di sekitar Dusun Gedong maupun Dusun Sokowolu.

"Lahan yang terbakar merupakan hutan pinus, bukan lahan produktif milik warga. Jarak titik api masih jauh dengan pemukiman warga, namun tim gabungan dari Polsek dan Koramil Getasan dibantu petugas TNGM, Relawan dan warga sekitar, masih berjaga jaga di dua dusun. Adapun luas lahan yang terbakar kami belum bisa memastikan dan akan berkoordinasi dengan petugas Taman Nasional Gunung Merbabu,” jelasnya. 

Terkait penyebab terjadinya kebakaran, Kapolsek menyampaikan dimungkinkan dari gesekan ranting pohon pinus, ditambah cuaca cukup panas disertai angin kencang yang melanda di lokasi kebakaran sehingga mempercepat meluasnya titik api di area kebakaran.

***

tags: #taman nasional gunung merbabu #kebakaran hutan #angin kencang #kabupaten semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI