Gelar Kajian Akbar 2023, SMA Islam Hidayatullah Hadirkan Habib Rifky Alaydrus

Selain sesi tausiyah, dilakukan pula penyerahan donasi untuk Palestina secara simbolis

Kamis, 02 November 2023 | 20:12 WIB - Didaktika
Penulis: - . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - SMA Islam Hidayatullah menggelar acara Kajian Akbar 2023 dengan tema 'Iman dan Takwa Self Defence Hadapi transformasi digital' pada Kamis (02/11/2023). Acara tahunan tersebut mengundang dua tokoh agama ternama, yakni Habib Rifky Alaydrus dan Habib Muhammad bin Alwi Alkaf.

Kepala SMA Islam Hidayatullah, Etik Ningsih, SPd menyampaikan bahwa acara Kajian Akbar ini merupakan program tahunan sekolah yang diadakan oleh pihak Rohani Islam (Rohis) SMA Islam Hidayatullah.

“Tujuan dari pada Kajian Akbar ini adalah untuk syiar dakwah dan mengenalkan SMA Islam Hidayatullah,” kata Etik, Kamis (02/11/2023).

Selain bertujuan untuk menyebarkan dakwah Islam, kata Etik Ningsih, Kajian Akbar ini juga bertujuan untuk dapat melatih panitia yang merupakan anggota organisasi Rohis SMA Islam Hidayatullah dalam mengadakan kegiatan serupa.

Menurut Hadyandra, ketua panitia sekaligus ketua rohis, tema Kajian Akbar tahun ini yakni 'Iman dan Takwa Self Defence Hadapi transformasi digital', dipilih agar para audiens dapat mengetahui bagaimana cara menghadapi perubahan teknologi digital dengan iman dan takwa sebagai pertahanan diri.

"Dari kajian ini kita bisa belajar cara pertahanan diri dengan menggunakan iman dan takwa kepada Allah, sehingga bisa menjadi hamba yang bijak dalam menggunakan media digital. Sekaligus bisa memberikan dampak positif bagi orang lain," ungkap Hadyandra dalam sambutannya.

Kajian Akbar tersebut dihadiri oleh segenap siswa SMP dan SMA Islam Hidayatullah, beserta guru dan karyawan Hidayatullah Semarang. Tak hanya itu, mereka juga mengundang sejumlah tokoh masyarakat setempat. Masyarakat umum pun dipersilakan hadir dalam Kajian Akbar tahun ini.

Kajian Akbar dari SMA Islam Hidayat tahun ini menghadirkan Habib Rifky Alaydrus sebagai pengisi acara inti. Sebelum acara inti dimulai, sempat terdapat sesi tausyiah juga yang diisi oleh Habib Muhammad bin Alwi Alkaf.

Habib Rifky, dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa menurut ajaran Rasulullah, para orang tua harus mendidik anak sesuai pada arus zamannya. Zaman sekarang yang dimaksud ialah zaman digital.

Kekuatan gadget dan sosial media bisa menjadi dampak baik atau buruk pada seseorang tergantung bagaimana memanfaatkannya. Habib Rifky mengatakan, pada zaman sekarang terkadang orang tua terlalu mengandalkan gadget kepada anak.

“Padahal tugas kita sebagai orang tua adalah mendidik mereka, mengenalkan tentang bagaimana akhlak Rasulullah dari keluarga kita dulu. Minimal masuk rumah semua jangan ada yang bermain hp. Biarkan anak bermain dan bertingkah,” jelas Habib Rifky.

Ia melanjutkan, tak masalah juga mengenalkan dunia digital kepada anak sejak dini. Namun arahkan digitalisme itu ke arah yang baik dan positif.

Selain sesi tausyiah, dilakukan pula penyerahan donasi untuk Palestina. Donasi tersebut berasal dari bantuan para orang tua mulai unit PAUD, SD, SMP hingga SMA Hidayatullah Semarang. Adapun, donasi yang terkumpul sebesar Rp99.008.198, dan akan disalurkan melalui Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF).

Berita ini ditulis oleh wartawan magang: Maulida Najma Safitri

BERITA TERKAIT:
Gelar Kajian Akbar 2023, SMA Islam Hidayatullah Hadirkan Habib Rifky Alaydrus
Gelar Kajian Akbar 2022, SMA Islam Hidayatullah Semarang Undang Ustaz Taufiqurrahman
Gelar Kajian Akbar 2022, SMA Islam Hidayatullah Semarang Undang Ustaz Taufiqurrahman

***

tags: #sma islam hidayatullah #kajian akbar #habib rifky alaydrus #transformasi digital

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI