Anti Mainstream! Tiga Pria di Semarang Curi Knalpot Ambulans

Polisi amankan katalis knalpot ambulans yang masih asli.

Sabtu, 18 November 2023 | 05:31 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Ungaran - Komplotan spesialis pencurian Katalis Knalpot (Catalytic Converter) yang beraksi di wilayah Kabupaten Semarang diamankan Polres Semarang Jumat. 

Pelaku yang berjumlah tiga orang ini beroprasi menyasar mobil ambulans yang sedang terparkir. Dari tangan pelaku yang diketahui berinisial SH (53) asal Kabupaten Magelang, CD (43) asal Kabupaten Semarang dan HS (31) asal KabupatennGrobogan, Polisi berhasil mengamankan satu Katalis Knalpot mobil ambulans.

BERITA TERKAIT:
Serdik Sespimma Polri Angkatan 71 Gelar Berbagai Kegiatan Sosial di Ungaran
20 Serdik Sespimma Polri Angkatan 71 Laksanakan PKP di Polres Semarang
Jelang HUT Bhayangkara, Polres Semarang Bangun Saluran Air Bersih untuk Warga Dusun Mujo
IdulAdha, Polres Semarang Sembelih Enam Sapi dan Tiga Kambing
Terungkap! Penemuan Jenazah di Sungai Parat Semarang, Berawal dari Perkelahian Sesama Anak

KaPolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra dalam keterangannya membenarkan kejadian tersebut. 

"Kejadian diketahui sekitar pukul 18.45 Wib, saat para pelaku melakukan aksinya di wilayah Lingkungan Ngrawan Lor Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Saat melakukan aksinya para pelaku diketahui warga, dan saat yang bersamaan unit Patroli Polsek Bawen yang sedang melaksanakan giat Patroli arus jam bubaran pegawai pabrik, mendapat laporan kejadian tersebut dan menghindari amukan warga, Polsek Bawen langsung mengamankan para pelaku," kata Oka. 

Kapolsek Bawen AKP Solekhan menambahkan bahwa setelah diamankan di Polsek, selanjutnya para pelaku diserahkan ke Satreskrim Polres Semarang

"Saat ini para pelaku sudah kami serahkan ke Satreskrim untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," ujarnya. 

Kasatreskrim Polres Semarang AKP M. Aditya Perdana menjelaskan kronologi pencurian Katalis Knalpot ambulans kali ini dilakukan dengan modus meminta tolong kepada pihak Ambulance untuk menjemput pasien. 

"Peran dari ketiga tersangka ini berbeda beda, SH dan CD sebagai pencari korban (Ambulance) untuk dimintai tolong. Dan setelah mendapat Korban, SH dan CD membawa ambulans beserta Drivernya ke daerah Pasar Sapi Bawen. Sesampainya di Pasar sapi mengajak driver untuk berhenti makan. Saat makan CD beralasan meminjam Ambulance untuk menjemput pasien di daerah Karangjati, dengan jaminan SH ditinggal bersama driver," ungkapnya. 

AKP Aditya kembali menjelaskan bahwa setelah ambulans tersebut dibawa, di daerah Ngrawan sudah menunggu HS. 

"Setelah sampai di daerah Ngrawan, CD menyerahkan ambulans tersebut untuk dieksekusi Katalis Knalpotnya oleh HS," tambahnya. 

Masih penuturan Kasat Reskrim, Belum sempat selesai melepas Katalis Knalpot, aksi CD dan HS diketahui masyarakat. 

"Dari penuturan ketiga pelaku di depan penyidik Satreskrim, pelaku sebelumnya sempat melakukan kegiatan yang sama dengan menyasar mobil ambulans milik Pemerintah Desa Krincing Kabupaten Magelang. Dan untuk ambulans yang disasar saat ini milik Pemdes Giriwetan Kabuparen Magelang, dan saat ini masih dilakukan penyidikan mendalam kepada tiga pelaku," ujarnya. 

Dari tangan pelaku Polisi berhasil mengamankan 1 unit Mobil bernopol K 8924 WF yang merupakan saran kejahatan para pelaku, 3 Katalis second yang sudah dimodifikasi yang sekiranya akan diganti dengan Katalis Knalpot ambulans yang masih asli. Lalu dongkrak, cairan pelumas karat, Toolkit yang berisi kunci kunci, mesin Gerenda, Tas kecil dan dongkrak yang semuanya digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya.

***

tags: #polres semarang #kabupaten semarang #ambulans

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI