Sejumlah Pelajar SMA Sragen Antusias Ikuti Diklat Jurnalistik

Diharapkan kemampuan menulis siswa dapat meningkat dan semangat menghasilkan karya.

Minggu, 19 November 2023 | 07:00 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sragen - Sejumlah pelajar SMA Sragen antusias mengikuti pelatihan jurnalistik dengan tema "Menekuni kegiatan jurnalistik yang inovatif & kreatif pada era globalisasi". Acara yang diselenggarakan di SMA Negeri 3 Sragen ini menghadirkan pemateri dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen, Rudi Wahyono.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mengasah kemampuan siswa dalam menuliskan sebuah peristiwa yang dikemas menjadi berita.

BERITA TERKAIT:
Sejumlah Pelajar SMA Sragen Antusias Ikuti Diklat Jurnalistik

Sebelum para peserta menulis sebuah berita, mereka diberikan materi sekaligus diikuti dengan tanya jawab dan diskusi yang disampaikan oleh narasumber di acara. Hasil dari penulisan tersebut direview oleh kedua narasumber untuk mendapat masukan.

Para peserta terlihat sangat semangat saat mengikuti acara tersebut, banyak yang bertanya mengenai bagaimana cara agar konten berita yang diupload bisa konsisten, cara percaya diri menjadi reporter saat reportase dan angle foto jurnalistik yang tepat.

Pada kesempatan itu, Rudi Wahyono menjelaskan materi foto jurnalistik, teknik pengambilan foto sesuai kaidah jurnalistik. Fotografi banyak menghadirkan teori yang harus dipahami supaya foto yang dihasilkan bisa mendukung sebuah informasi.

"Apa jadinya kalau berita tanpa foto. Foto itu penting untuk menguatkan sebuah informasi," ujar Rudi dikutip dari laman resmi Pemkan Sragen, Minggu.

Mengingat pentingnya sebuah foto, menurut Rudi, seorang fotografer juga perlu memahami kode etik dalam fotografi. Misalnya, batasan privasi seseorang yang menjadi subjek foto.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Sragen, Singgih Santoso berharap dengan diadakannya pelatihan ini, kemampuan menulis siswa dapat meningkat dan semangat menghasilkan karya.

***

tags: #pelatihan jurnalistik #diskominfo #sragen

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI