Nataru, Pemudik ke Jawa Tengah Diprediksi Capai 13 Juta Orang

Jumlah ini meningkat pesat dibanding periode sebelumnya. 

Selasa, 19 Desember 2023 | 08:54 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Magelang - Polda Jateng memprediksi sekitar 13 juta orang akan mudik masuk wilayah Jawa Tengah pada Musim libur Natal 2023 dan tahun baru 2024. Jumlah ini meningkat pesat dibanding periode sebelumnya. 

"Jumlah masyarakat yang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah selama musim liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan akan mengalami kenaikan dibandingan tahun sebelumnya. Diprediksi sekitar 13 juta masyarakat mudik ke Jawa Tengah, jumlah ini naik sekitar 124 persen dibandingkan tahun lalu," kata KaPolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) Persiapan Operasi Lilin Candi 2023/2024 di Hotel Atria, Magelang pada Senin (18/12/2023) pagi.

BERITA TERKAIT:
Bank Jateng-Pemkot Magelang Berikan Bonus dan Edukasi Keuangan Bagi Atlet Peraih Medali POPDA Eks Karesidenan Kedu 2024
Tebar Hewan Kurban 1445 H Rambah Magelang, Ratusan Kurban Dinikmati Satu Desa
Pemkot Magelang Canangkan Gerakan Budaya Bersepeda
Santri Asal Klaten Tewas usai Rafting di Sungai Elo Magelang
Sempat Tercebur Sumur, Kakak-Adik di Magelang Dievakuasi Selamat

Rakor Linsek tersebut dihadiri oleh Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana serta seluruh Kapolres, Dandim dan Forkopimda Kabupaten / Kota seluruh Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai di masing masing penggal jalan tol dan jalur pantura oleh masing masing Polres.

"Peningkatan arus diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 30 Desember 2023. Terkait one way, konsep sudah kita siapkan tapi menunggu petunjuk dari Mabes Polri untuk pelaksanaannya," imbuhnya.

Ia menambahkan Polda Jateng akan menerjunkan sebanyak 15.700 personil yang akan disebar di 279 titik pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu guna mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pengamanan akan berfokus pada kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun baru terutama kegiatan Misa atau ibadah yang dilaksanakan di 3.543 gereja di seluruh Jawa Tengah.

***

tags: #magelang #polda jateng #mudik #nataru #operasi lilin candi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI