Gila! ITB Tawarkan Pinjol untuk Mahasiswa Tak Mampu Bayar UKT, Bunga 24% 

"Anjaaaay, disuruh pinjol sama itb! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan 'SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA'" tulis caption.

Jumat, 26 Januari 2024 | 15:39 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - Media sosial dihebohkan dengan sebuah postingan membagikan brosur program cicilan kuliah bulanan Institut Teknologi Bandung (ITB). Postingan tersebut dibagikan oleh akun X ITBfess @itbfess, pada Kamis (25/01/2024).

"Anjaaaay, disuruh Pinjol sama ITB! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan 'SELAMAT MEMBAYAR cicilan BESERTA BUNGANYA'" tulis caption.

BERITA TERKAIT:
Sempat Vakum 4 tahun, Observatorium Bosscha ITB Kembali Buka Kunjungan Malam
Nicke Widyawati Resmi Buka Pertamina Goes to Campus 2024 di ITB
Anggota DPR Sebut ITB Jerumuskan Mahasiswa ke Lingkaran Utang dengan Tawarkan Pinjol 
Cerita Mahasiswa ITB dengan UKT Rp12,5 Juta: Sudah Ajukan Keringanan tapi Diberi Opsi Pinjol 
Mahasiswa ITB Gelar Demo Buntut dari Opsi Bayar UKT Lewat Pinjol 

Dalam foto postingan itu memperlihatkan mitra resmi ITB yakni Danacita, membuka program cicilan biaya kuliah yang bisa diangsur selama 6 bulan atau 12 bulan.

Dengan bunga 1,75% per bulan, ditambah biaya persetujuan 3%. Yang ditotalkan bunganya hampir 24% per tahun.

Sebelumnya, sebagian besar mahasiswa ITB banyak yang kesusahan membayar UKT karena mendapat golongan UKT yang begitu tinggi, yakni Rp12.5 juta.

"buat temen2 awam yg belum tau, ITB UKT defaultnya 12,5 juta untuk semua prodi & fakultas (selain SBM), dan untuk yg masuk lewat mandiri default 25 juta, kalo ga mampu harus ngajuin keringanan, and apparently yg membutuhkan itu banyak yg gak dapet keringanan" tulis akun X @earliersuns***

Banyak mahasiswa meminta penurunan besar UKT ke pihak kampus, namun permohonan mereka juga tidak dikabulkan. Yang membuat, sekitar 1.400 mahasiswa kesulitan membayar biaya kuliahnya.

Karena hal itu, pihak ITB melakukan sosialisasi “Solusi mandiri yang perlu mahasiswa lakukan untuk mencari sumber dana kuliah", salah satu solusi yang diberikan adalah dengan ikut program cicilan kuliah Danacita tersebut.

Sontak hal ini membuat warganet banyak memberi beragam tanggapan. Banyak yang menyayangkan solusi yang diberikan oleh salah satu kampus terbaik Indonesia tersebut.

"Keren banget dah pokoknya PTN yang dapet duit dari pajak negara, tapi solusi mahasiswa yang kurang mampu bayar adalah gamblang mempromosikan Pinjol...Keren abiisse ITB." tulis akun X @IamPr***

"bjir itbpaylater, mana bunganya segede bunga rafflesia arnoldi????" tulis akun X @wugem***

"Bunga 1,75%/bulan anjir kaya bunga rentenir wkwk" tulis akun X @fachmiz***

Ada pula komentar warganet yang menyarankan kepada mahasiswa jika kesulitan bayar UKT, untuk pinjam langsung di bank, karena bunga lebih kecil.

"Ini bunganya terlalu besar. Pakai ada biaya persetujuan pula.... Saran sy kl mau berhutang, yg pertama dicoba adl KUR BRI atau bank lain skr jg banyak yg ada KUR. Bunganya 0.5% per bulan atau 6% per tahun." tulis akun X @fandomI***

*Ditulis wartawan magang Ika Melinda Ningtyas

***

tags: #itb #ukt #cicilan #pinjol

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI