Pemkot Surakarta bakal Dirikan Lima Posko Kesehatan selama Libur Lebaran

Puskesmas dan rumah sakit tetap melakukan pelayanan pada jam kerja penuh.

Senin, 25 Maret 2024 | 07:03 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat bakal mendirikan lima Posko kesehatan di sejumlah titik Kota Solo selama libur Lebaran 1445 H/2024 M.

kata Pelaksana Tugas Kepala DKK Surakarta Setyowati menerangkan, pihaknya mendirikan posko di lima titik, yakni Faroka, Makhuto yang merupakan perbatasan Solo-Kabupaten Karanganyar, Banyuanyar, Jurug, dan Terminal Tirtonadi.

BERITA TERKAIT:
Pemkot Surakarta bakal Dirikan Lima Posko Kesehatan selama Libur Lebaran
9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Nana Sudjana Minta Tingkatkan Kesiapsiagaan
Kunjungi Pekalongan, Kapolda Jateng Sebut 70 Rumah Warga Rusak Akibat Banjir

"Lima lokasi tersebut merupakan titik padat kendaraan yang menjadi batas Kota Solo dengan beberapa daerah sekitar," tuturnya dikutip, Senin.

Dijelaskan Setyowati, posko didirikan selama tanggal 6-15 April 2024. Untuk petugasnya, di antaranya terdiri atas tenaga kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit.

"Kami juga akan melibatkan rumah sakit swasta dan institusi pendidikan," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pelayanan di Posko kesehatan tersebut akan menggunakan sistem sif yang petugasnya terdiri atas tenaga keperawatan, kebidanan, dan umum.

"Kalau dokter kami bagi, karena keterbatasan jumlah dokter. Namun demikian, kami standby on call," katanya.

Selain posko, pihaknya juga memastikan pelayanan di rumah sakit serta puskesmas rawat inap tetap berjalan normal selama cuti bersama Lebaran.

"Puskesmas dan rumah sakit tetap melakukan pelayanan pada jam kerja penuh selama cuti bersama. Jam buka sesuai jam pelayanan saat ini. Kami piketkan petugas. Sedangkan hari libur, puskesmas rawat inap tetap buka 24 jam untuk layanan gawat darurat. Rumah sakit juga standby kalau ada lonjakan kasus," katanya.

***

tags: #posko kesehatan #lebaran #dkk #polresta surakarta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI