Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 Dibatasi 10.000 Peserta

Bank Jateng selalu berkomitmen untuk mendukung UMKM dan perekonomian Magelang melalui Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. 

Selasa, 28 Mei 2024 | 09:50 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Event olaharaga yakni Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 siap digelar. Helatan kali kedelapan ini bakal digelar pada 1 Desember 2024 di Magelang, Jawa Tengah. 

Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 menargetkan 10.000 peserta yang akan berlari dalam 4 kategori, yaitu Marathon, Half Marathon, dan 10K serta talent. "Run On, Mark It!" adalah tema yang diangkat pada Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. Tema ini mengajak para pelari dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk menembus batas, menunjukkan determinasi, melengkapi perjalanan lari mereka, dan meninggalkan jejak serta legacy di Borobudur Marathon.

BERITA TERKAIT:
Bank Jateng Magelang Ditetapkan Menjadi Mitra Universitas Tidar
Sejumlah Mahasiswa asal Kudus Antusias Ikuti Perjalanan Bakti Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja
Ribuan Umat Buddha Ikuti Perjalanan Bakti di Magelang
Bank Jateng-Pemkot Magelang Berikan Bonus dan Edukasi Keuangan Bagi Atlet Peraih Medali POPDA Eks Karesidenan Kedu 2024
Tebar Hewan Kurban 1445 H Rambah Magelang, Ratusan Kurban Dinikmati Satu Desa

Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro mengatakan, Bank Jateng selalu berkomitmen untuk mendukung UMKM dan perekonomian Magelang melalui Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. 

"Di tahun 2024 ini, kami akan memperluas UMKM yang dilibatkan dan mengadakan program akselerasi bagi para pelaku sektor usaha lainnya. Kami yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat Magelang," tutur Irianto, saat melaunching di Radjawali Semarang Cultural Center, Senin (27/5) malam. 

Dia optimis cuaca saat event bisa bersahabat, tidak hujan. Sehingga event lari bisa berjalan sesuai rencana. 

"Selama 7 tahun penyelenggaraan, hanya tahun lalu yang dihentikan di pertengahan karena cuaca mengkhawatirkan. Berisiko jika diteruskan. Kami berharap, cuaca tahun ini lebih baik," jelasnya. 

Ia menuturkan jumlah peserta dibatasi 10.000 orang. Hal ini agar para pelari nyaman ketika berlari. 

Pj Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana mengatakan bahwa semangat "Run On, Mark It!" bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang semangat pantang menyerah, semangat untuk terus maju, dan semangat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik.

"Saya yakin semangat ini akan diwujudkan oleh para pelari Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan membawa dampak positif bagi Jawa Tengah," kata Nana.

Ia mengatakan event tahun lalu sangat menyedot animo masyarakat. Hal ini nampak dari banyaknya pelari yang mendaftar hingga mencapai 20.000. Akhirnya dibatasi hanya 10.000. Adapun event tahun ini bakal memperebutkan hadiah uang tunai total Rp 2,6 Miliar. 

"Kami selalu lakukan evaluasi agar event meriah dan peserta meningkat. Perlu juga pengaturan," sambungnya. 

"Kita targetkan kedepan Bank Jateng Borobudur Marathon kelas dunia," tandas dia. 

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An menyebutkan, antusiasme masyarakat Magelang terhadap Borobudur Marathon selalu luar biasa. 

"Setiap tahun, kami selalu disambut dengan keramahan dan semangat yang tinggi dari masyarakat Magelang. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang lebih meriah dan berkesan bagi para peserta dan masyarakat Magelang," ujar Liem.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung yang turut hadir secara daring menyatakan, pihaknya sangat bangga dengan Borobudur Marathon yang telah mendapatkan World Athletic Label. 

"Hal ini menunjukkan bahwa Borobudur Marathon adalah salah satu gelaran maraton yang diakui dunia. Kami yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang kompetitif dan menarik bagi para pelari elite dan internasional," ujar Tigor.

Dengan berbagai program dan persiapan matang, Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 siap menjadi acara yang tidak hanya memajukan olahraga, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan komunitas lokal. Mari kita bersama-sama menandai perjalanan kita di Magelang!

***

tags: #magelang #bank jateng #borobudur marathon

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI