Ketahui Alasan Hewan Wajib Berpuasa Sebelum Operasi

Puasa bagi hewan berbeda-beda berdasarkan jenis, ras, umur, dan jenis operasi.

Rabu, 29 Mei 2024 | 09:43 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Surabaya- Pernahkah kamu mendengar hewan wajib puasa sebelum operasi dengan anestesi total. Dalam fase stadium dua anestesi sebelum bedah pasien akan mengalami eksitasi dan ketidaksadaran. Terjadi peningkatan gerakan peristaltik yang merangsang kejadian muntah. Ketika pasien dengan kondisi lambung penuh akan menyebabkan isi lambung naik atau yang dikenal dengan istilah refluks gastro-esofagus (GOR). 

Direktur RSHP UNAIR, Dr Ira Sari Yudaniayanti drh MP, mengatakan puasa hukumnya wajib dilakukan sebelum prosedur anestesi total (general anesthesia) demi keamanan dan kelancaran operasi. Kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh hewan akan digantikan melalui infus. Jika lambung pasien masih terdapat makanan, maka dapat naik kembali ke tenggorokan. 

BERITA TERKAIT:
Riuh soal Cek Khodam Online, Antropolog UNAIR: Media Hiburan Saja
Dosen Komunikasi UNAIR Ini, Ungkap Alasan Film Horor Kian Populer di Indonesia
Cerita Marlon Mahasiswa Termuda UNAIR yang Lolos Lewat Jalur SNBT 2024
Pengamat UNAIR Soroti Risiko Politik dari Izin Tambang Ormas Agama
Inspiratif, Asa Menjadi Maba Termuda UNAIR Di Usia 16 Tahun

Bahayanya adalah terjadinya aspirasi paru, yang mana masuknya bahan makanan ke saluran pernapasan akan menyebabkan gangguan pernapasan. Aspirasi paru tidak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan komplikasi serius. Seperti infeksi, pneumonia, dan kesulitan bernapas. Selain itu, makan sebelum operasi juga dapat menyebabkan mual dan muntah setelah operasi yang dapat berakibat fatal.

“Penggunaan sedasi menyebabkan organ dari hewan mengalami relaksasi. Termasuk pada organ yang bekerja pada sistem pencernaan,” katanya. 

Semua organ akan terelaksasi kecuali otak, jantung, dan paru-paru. Ketika hal tersebut terjadi, maka isi lambung hewan dapat naik kembali ke esophagus dan menyebabkan muntah. Dikhawatirkan terjadinya aspirasi paru yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Bila hewan diketahui makan dalam jumlah sedikit, maka jadwal tindakan dapat dimundurkan. 

“Namun, bila makan dalam jumlah besar sebelum operasi maka sebaiknya diadakan reschedule dalam pelaksanaan tindakan operatif,” tegas Dr Ira. 

Waktu hewan Mulai Berpuasa
Dr Ira menyebutkan bahwa puasa bagi hewan dapat dimulai 6 hingga 8 jam sebelum operasi. Waktu puasa pra-operasi lebih bermanfaat karena masih terdapat cukup makanan di dalam lambung untuk menetralkan asam lambung. Mencegahnya naik ke kerongkongan yang menyebabkan regurgitasi akibat anestesi. 

Meskipun begitu, puasa bagi hewan berbeda-beda berdasarkan jenis, ras, umur, dan jenis operasi. Seperti pada kitten dan puppy hanya dianjurkan berpuasa 1 hingga 2 jam sebelum operasi. Ferrets hanya perlu puasa 4 jam sebelum operasi, tikus 1 jam sebelum operasi. Sementara kelinci dan guinea pigs tidak perlu melakukan puasa sebelum operasi

“Puasa akan lebih panjang bagi hewan yang memiliki history regurgitasi, breed, dan konsumsi pakan. dry food akan lebih sulit dicerna dibanding wet food,” sebut Dosen Divisi Klinik Veteriner FKH UNAIR itu. 

Pemberian minum pada hewan sebelum operasi tidak memiliki pengaruh seburuk pemberian makan sebelum operasi. hewan harus benar-benar dipuasakan dari minum dan makan setidaknya 2 jam sebelum melakukan prosedur operasi. Klien harus selalu ikuti anjuran dan arahan dokter hewan.

Pemberian Pakan Pertama Pasca operasi
hewan boleh makan setelah operasi ketika hewan sudah sadar penuh yang ditandai hewan sudah bisa posisi sternal recumbency dan kepala sudah bisa tegak. Kita bisa rangsang dulu dengan memberikan minum untuk tes reflek menelan. Selanjutnya makanan boleh diberikan dalam jumlah sedikit dan berbentuk lunak terlebih dahulu. Hal itu bertujuan memberikan kesempatan pencernaan untuk beradaptasi setelah beberapa periode mengalami relaksasi selama prosedur anestesi. Dikuatirkan akan terjadi muntah karena pencernaan belum normal dari reaksi obat anestesi.

“Dalam waktu 24-48 jam sebaiknya makanan diberikan dalam porsi sedikit tapi frekuensinya sering, bisa 3-4 kali makan dalam 1 hari. Jangan langsung dalam porsi besar,” arahnya.

Asupan makanan yang cukup merupakan kunci penting untuk mencapai status gizi yang optimal pasca operasi. Nutrisi cukup akan mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memastikan hasil pasca operasi yang lebih baik.
 

***

tags: #universitas airlangga #hewan #operasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI