KLHK Keluarkan Edaran Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik

Salah satu imbauannya adalah agar warga tidak menggunakan kantong plastik

Minggu, 16 Juni 2024 | 14:09 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengeluarkan edaran untuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik. Salah satu imbauannya adalah agar warga tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging kurban dan memanfaatkan wadah yang dapat dipakai ulang.

Direktur Pengurangan Sampah KLHK, Vinda Damayanti Ansjar, menyebut bahwa KLHK telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri LHK Nomor SE.6/MENLHK/PSLB3/PLB.0/6/2024 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa sampah plastik.

BERITA TERKAIT:
KLHK Keluarkan Edaran Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik
KLHK Prediksi Ada 608 Ton Sampah Plastik Setelah Idul Adha
KLHK Studi Lapangan ke Jateng, Belajar Inovasi Lingkungan dan Kehutanan
10 Provinsi dengan Kualitas Udara Terburuk Pagi Ini, Sabtu 18 Mei 2024 
KLHK Tangkap Buronan Perusak Mangrove di Belitung Timur

"Intinya, mengimbau seluruh masyarakat yang merayakan Idul Adha untuk tidak menggunakan kantong plastik atau kresek dalam membagikan daging kurban, dan menggantinya dengan wadah yang dapat dipakai ulang, daun pisang atau daun jati, besek, atau bongsang. Dengan upaya tersebut diharapkan dapat menghindari atau mengurangi timbulan sampah plastik,” ujar Vinda.

Edaran yang diterbitkan pada 13 Juni 2024 itu juga memberikan arahan kepada gubernur, walikota, dan bupati untuk mengarahkan panitia pembagian daging kurban agar menghindari penggunaan plastik dan menggunakan wadah yang dapat dipakai ulang.

KLHK turut meminta pemerintah daerah (pemda) untuk menyediakan sarana wadah dan pengumpulan sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban.

Selain itu, pemda juga diharapkan dapat mengumpulkan dan mengangkut sampah setelah kegiatan Shalat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban.

***

tags: #kementerian lingkungan hidup dan kehutanan #idul adha #sampah plastik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI