5 Pemain Termuda di Euro 2024, Ada yang Baru 16 Tahun

Meski tergolong sangat belia, tetapi penampilan apiknya membuat Lamine Yamal mendapat tempat utama

Selasa, 18 Juni 2024 | 16:06 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang – Pertandingan Euro 2024 selalu menjadi daya tarik bagi para penikmat penonton sepak bola. Selain mempertontonkan, gaya bermain sepak bola dari pemain kelas dunia, tidak jarang ajang ini menjadi tempat bagi talenta muda untuk unjuk gigi dan mencuri perhatian. Berikut daftar pemain termuda di kompetisi Euro 2024

1. Lamine Yamal 
pemain sayap kanan dari Spanyol ini baru berusia 16 tahun. Meski tergolong sangat belia, tetapi penampilan apiknya membuat Lamine Yamal mendapat tempat utama di timnas Spanyol dan Barcelona. Dalam laga debut melawan Kroasia, dirinya berhasil mencatatkan satu asis untuk gol Dani Carvajal dan membantu Spanyol melumat Kroasia dengan skor 3-0. Ia pun mencatatkan diri sebagai pemain termuda dalam sejarah Euro. Diketahui  Yamal merupakan lulusan Akademi La Masia milik klub Barcelona. Melalui akademi ini lahir talenta pesepak bola kelas atas seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets. Mereka sukses membawa Spanyol menjuarai Euro 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

BERITA TERKAIT:
Kalahkan Denmark 2-0, Jerman Maju ke Perempat Final Euro 2024
Singkirkan Juara Bertahan Italia 2-0, Swiss ke Perempat Final Euro 2024
Daftar Lengkap Negara yang Lolos 16 Besar Euro 2024, Sejumlah Tim Kuda Hitam Masuk
Daftar Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2024: De Oranje Beruntung Lolos
The Three Lions Ditahan Imbang Slovenia 0-0

2. Kobbie Mainoo
Gelandang tengah asal klub Manchester United ini memang sedang menuai sensasi. Meski masih berusia 19 tahun, tetapi ketenangan dan gaya bermain Mainoo membuat pelatih Inggris, Gareth Southgate, tertarik untuk memboyongnya ke Euro 2024. Di klub, ia berhasil menggantikan peran Christian Eriksen yang sering dibekap cedera. Pemuda kelahiran Stockport, 19 April 2005, ini mencatatkan 24 penampilan di Premier League dengan 3 gol dan 1 asis. Ia juga membantu Manchester United mengalahkan perlawanan rival sekota Manchester City di final FA Cup dengan satu golnya. Di Euro 2024, ia bermain sekali saat Inggris menaklukan Serbia sebagai pemain pengganti.

3. Kacper Urbanski
pemain asal Polandia ini menjadi pemain ketiga termuda di ajang Euro 2024 dengan usia 19 tahun 9 bulan 9 hari. Urbanski dimainkan saat Polandia dikalahkah 1-2 Belanda. Pemuda kelahiran Gdansk ini menjadi salah satu pemain penting Bologna di Serie A. Tak tanggung, klub asuhan Thiago Motta tersebut menjadi runner up liga Italia. Di Serie-A, Urbanski mencatatkan 22 kali penampilan dengan torehan 1 asis. 

4. Milos Kerkez
Bek kiri asal Hungaria ini berusia 20 tahun 7 bulan 8 hari saat Hungaria takluk melawan Swiss dalam laga perdana mereka di Euro 2024. pemain asal klub Liga Premier Inggris, Bournemouth, ini tampil 79 menit di laga melawan Swiss. Kerkez memang menjadi andalan di Bournemouth. Ia tercatat telah tampil sebanyak 33 kali untuk tim yang bermarkas di Vitality Stadium itu. Dari 33 laga, ia berhasil memperoleh 1 asis dan total bermain sebanyak 2.371 menit. 

5. Zeno Debast
Debast merupakan pemain asal Belgia yang lahir pada 24 Oktober 2003 di Halle, Belgia. pemain berpostur 191 sentimeter ini berposisi sebagai bek tengah. Di laga melawan Slovakia, dirinya berpasangan dengan Faes. Namun, laga pembuka bagi Belgia ini harus dimenangkan oleh tim lawan dengan skor 0-1. Belgia sempat menyarangkan dua gol ke gawang Slovakia, tetapi dianulir oleh wasit melalui Video Assistant Referee. Zeno Debast merupakan pemain binaan klub Belgia, RSC Anderlecht. Ia sudah berada di Anderlecht sejak akademi. Pada 1 Juli 2021, Debast dipromosikan ke tim utama Anderlecht. Di Jupiler Pro League, dirinya telah bermain sebanyak 28 kali dengan 2.476 menit bermain. Permainan kokohnya di lini belakang membuatnya jadi pilihan utama pelatih Tedesco untuk Euro 2024.

Itu tadi 5 pemain termuda yang berlaga di kompetisi Euro 2024

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #euro 2024 #pemain #termuda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI