Daftar Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2024: De Oranje Beruntung Lolos

Belanda kalah mengecewakan dari Austria di laga terakhir Grup D.

Kamis, 27 Juni 2024 | 12:27 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Klasemen peringkat 3 terbaik Euro 2024 telah diumukan. Persaingan di kompetisi Euro 2024 berlangsung sengit dan ketat, termasuk tim-tim yang memperebutkan peringkat tiga terbaik nanti akan disatukan kembali dalam klasemen khusus. Euro tahun ini, diikuti oleh 24 negara terbaik di Eropa. Ke-24 tim tersebut, kemudian dibagi ke dalam 6 grup, masing-masing berisi empat tim. Sehingga nantinya, hanya juara grup dan runner-up grup yang berhak lolos langsung ke fase gugur. Jadi ada total 12 tim yang lolos langsung ke babak 16 besar Piala Eropa. Artinya, ada empat kursi tersisa yang masih bisa diisi oleh negara-negara lain. Empat tiket inilah yang diperebutkan oleh tim-tim peringkat tiga terbaik dari setiap klasemen.

Sebagai contoh, Grup A Euro 2024 sudah memainkan semua matchday. Jerman dinyatakan sebagai juara grup, Swiss lolos sebagai runner-up, dan Hungaria finis di peringkat tiga. Artinya Hungaria lantas mengadu nasib di klasemen khusus tim peringkat 3 terbaik Euro 2024.

BERITA TERKAIT:
Daftar Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2024: De Oranje Beruntung Lolos
Kalahkan Belanda 3-2, Austria Maju ke 16 Besar Piala Eropa 2024
Euro 2024: Belanda Vs Prancis Berbagi Angka Tanpa Gol
Menlu Retno bakal Bicara soal Palestina di Mahkamah Internasional Jumat Mendatang
Rafael Struick, Striker Muda Timnas Indonesia asal Belanda

Sementara, Belanda kalah mengecewakan dari Austria di laga terakhir Grup D. Belanda lantas merosot ke peringkat tiga dan harus bertarung di klasemen peringkat 3 terbaik Euro 2024. Beruntung, Belanda, jadi tim pertama yang lolos.

Semua laga fase grub tersebut sudah selesai pada Kamis (27/6/2024). Artinya, empat tim berhasil lolos lewat jalur klasemen peringkat tiga terbaik, termasuk Belanda, tapi sayangnya Hungaria gagal. 

Berikut rumus ranking klasemen tim peringkat tiga terbaik, seperti yang disinggung di atas, tim-tim peringkat tiga dari setiap klasemen akan disatukan kembali dalam satu klasemen khusus. Nantinya, empat tim teratas berhak lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024. Penentukan posisi di klasemen khusus tim peringkat tiga terbaik ini telah ditentukan melalui kriteria yang diterapkan UEFA seperti:

1. Jumlah poin lebih banyak
2. Keunggulan selisih gol
3. Jumlah mencetak gol lebih banyak
4. Jumlah kemenangan lebih banyak
5. Disciplinary points lebih rendah
6. Posisi negara tersebut di kualifikasi Euro 2024

Berikut daftar tim peringkat tiga terbaik di setiap klasemen akhir:

Grup A: Hungaria
Grup B: Kroasia
Grup C: Slovenia
Grup D: Belanda
Grup E: Slovakia
Grup F: Georgia

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #belanda #euro 2024 #austria

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI