Euro 2024: Belanda Vs Prancis Berbagi Angka Tanpa Gol

Di pertandingan sebelumnya, kedua tim sama-sama menang di laga pertama dan bakal menyegel kelolosan dengan tambahan tiga poin. 

Sabtu, 22 Juni 2024 | 14:38 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Belanda harus rela berbagi angka tanpa gol dengan Prancis alias 0-0 pada lanjutan Euro 2024. Pertandingan yang mempertemukan kedua negara tersebut digelar di Leipzig Stadium, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB. 

Selama pertandingan, Prancis sempat membuka keunggulan melalui Xavi Simons, namun sayangnya gol tersebut dianulir. Ditambah, peluang dari Antoine Griezmann yang gagal dimanfaatkan hingga skor terakhir selesai 0-0 untuk dua belah tim.

BERITA TERKAIT:
Kalahkan Denmark 2-0, Jerman Maju ke Perempat Final Euro 2024
Singkirkan Juara Bertahan Italia 2-0, Swiss ke Perempat Final Euro 2024
Daftar Lengkap Negara yang Lolos 16 Besar Euro 2024, Sejumlah Tim Kuda Hitam Masuk
Daftar Klasemen Peringkat 3 Terbaik Euro 2024: De Oranje Beruntung Lolos
The Three Lions Ditahan Imbang Slovenia 0-0

Di pertandingan sebelumnya, kedua tim sama-sama menang di laga pertama dan bakal menyegel kelolosan dengan tambahan tiga poin. 

Sejak pertandingan babak pertama dimulai, kedua negara mulai menebar ancaman. Prancis lantas lebih berkembang di babak kedua, tapi gagal menyelesaikan sejumlah peluang. Belanda malah nyaris menghukum mereka, saat Xavi Simons mencetak gol. 

Tapi offside menyelamatkan Prancis, dengan gol tersebut dibatalkan. Skor 0-0 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Prancis masih memimpin Grup D Euro 2024 dengan empat poin, unggul gol atas Belanda dan Austria di posisi ketiga dengan tiga poin.

Belanda langsung menebar ancaman saat laga belum berjalan semenit. Sepakan Jeremie Frimpong menguji Mike Maignan dan ditepis saja oleh kiper Prancis tersebut. Prancis balas mengancam pada menit keempat. 

Tembakan Antoine Griezmann dihalau oleh Bart Verbruggen. Peluang bagus dari Prancis pada menit ke-15. Adrien Rabiot lolos dan tinggal menghadapi gawang, tapi memilih mengoper ke Griezmann. Sial buat Prancis, Griezmann gagal menendang bola dengan sempurna dan dihalau. Bola lantas jatuh lagi ke kaki Griezmann tak lama berselang. Kali ini tembakannya melenceng. 

Belanda langsung merespons. Tembakan melengkung Cody Gakpo menyasar pojok kanan bawah gawang, tapi ditepis oleh Maignan. Marcus Thuram lolos dari jebakan offside pada menit ke-29 dan menerima umpan Jules Kounde. Hanya saja penyelesaiannya masih melebar dari sasaran. 

Percobaan Xavi Simons dari luar kotak penalti pada menit ke-36 tepat mengarah ke kiper dan mudah ditangani. Prancis punya peluang dari sundulan Griezmann, yang relatif mudah diamankan oleh Verbruggen. Tak ada gol hingga peluit babak pertama berakhir.

Prancis memulai babak kedua dengan inisiatif lebih. Sepakan Thuram pada menit ke-60 melenceng tipis, lalu tandukan Tchouameni sedikit saja di atas gawang. Peluang lain terbuang oleh Prancis pada menit ke-65. 

Sodoran N'Golo Kante diterima Griezmann di depan gawang, tapi tendangannya lagi-lagi tak sempurna dan dihalau saja oleh Verbruggen! GOL! Belanda menghukum Prancis pada menit ke-70. Tembakan Memphis Depay dihalau Maignan dan bola muntah disambar oleh Simons ke pojok kanan bawah. 

Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside dan VAR mengonfirmasinya, dengan Dumfries berada di jalur bola. Gol Belanda dibatalkan!. Prancis mendesak Belanda di sisa waktu. Sepakan N'Golo Kante pada menit ke-91 masih terhalang pertahanan Belanda. Tak ada gol hingga laga usai.

Susunan pemain:
Belanda: Verbruggen, Dumfries, Van Dijk, De Vrij, Ake, Reijnders, Schouten (Wijnaldum 73'), Gakpo, Simons (Veerman 73'), Frimpong (Geertruida 73'), Depay (Weghorst 79')
Prancis: Maignan, Kounde, Upamecano, Saliba, Hernandez, Dembele (Coman 75'), Kante, Tchouameni, Rabiot, Griezmann, Thuram (Giroud 75')

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #euro 2024 #belanda #prancis

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI