Rafael Struick, Striker Muda Timnas Indonesia asal Belanda

Rafael Struick merupakan keturunan Belanda-Indonesia.

Rabu, 24 Januari 2024 | 17:11 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Laga Piala Asia 2023 masih berlangsung. Diketahui Indonesia akan melawan Jepang pada laga nanti malam (24/1/2024). Seiring dengan hal itu, nama pemain Timnas Indonesia yang bermain pada laga tersebut pun mulai jadi perbincangan. Salah satunya Rafael Struick.

Pria kelahiran 27 Maret 2003 di Leidschendam, Belanda ini banyak disorot usai performa gemilangnya saat melawan Palestina pada FIFA Matchday Juni 2023. Meski tak berhasil mencetak gol, ia membuat berbagai peluang di jantung pertahanan Palestina.

BERITA TERKAIT:
Profil Noraly Soedito, Perempuan Keturunan Indonesia yang Menjadi Petinggi Bank di Belanda 
Pulangkan Korsel dari Piala Asia U-23, Rafael Struick: Kemenangan Berkat Kerjasama Tim
Singkirkan Korsel Lewat Adu Pinalti, Indonesia Terus Ukir Sejarahnya Maju Semifinal Piala Asia U-23
Korsel Paksa Indonesia Mainkan Babak Tambahan
Rafael Struick Cetak Dua Gol Spektakuler di Babak Pertama

Rafael Struick merupakan keturunan Belanda-Indonesia. Orang tuanya adalah Brian Struick dan Soraya Noraly Soedito yang memiliki kewarganegaraan Belanda, tetapi memiliki akar kebudayaan Indonesia yang kuat.

Ibu Rafael berdarah Jawa dan Suriname, sementara sang ayah memiliki ibu yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Rafael memulai karirnya sebagai pesepak bola dengan bergabung bersama klub sepak bola Belanda, RKAVV Leidschendam Youth setelah menimba ilmu di Akademi Forum Sport. Rafael kemudian bergabung dengan ADO Den Haag pada tahun 2021.

Rafael Struick juga memperlihatkan kepiawaiannya bersama Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji melawan Slovakia U-20 di Pinatar Arena, Spanyol pada Sabtu, 19 November 2022.

Meski pertandingan tersebut berakhir dengan kekelahan, Rafael mencuri perhatian dengan mencetak gol yang menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang. Pria usia 20 tahun ini kemudian naik kelas ke tim utama ADO Den Haag sejak 1 Juli 2022.

Performa apik Rafael Struick ini membuat Shin Tae-Yong tertarik untuk menaturalisasinya. Ia pun menjalani proses naturalisasi bersama Ivar Jenner pada 22 Mei 2023 dan menjadi pemain berkebangsaan Indonesia.

Awalnya Rafael Struick disiapkan untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023. Namun, Indonesia kala itu batal menjadi tuan rumah dan tak bisa ambil bagian pada ajang tersebut. 

Rafael kemudian mendapat panggilan untuk membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023 dan namanya pun menjadi semakin melejit. Sosok Rafael Struick pun menjadi harapan untuk masa depan sepak bola Indonesia lantaran segudang bakat dan prestasinya.

Selanjutnya, pemain bernomor 27 itu mendapat tugas membela Timnas Indonesia pada laga ketiga Piala Asia 2023 melawan Jepang, Rabu malam (24/1/2024). Dirinya diprediksi bakal menjadi pilihan pertama di lini serang.

Ditulis oleh wartawan magang: Maulida Najma Safitri

***

tags: #rafael struick #naturalisasi #indonesia #belanda #piala asia fiba

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI