ilustrasi istimewa.

ilustrasi istimewa.

BPBD Kota Semarang Sediakan 1,5 Juta Liter Air Bersih untuk Hadapi Kemarau

Dari total 1.500.000 liter air bersih, sampai saat ini baru terserap 1.500 liter air bersih atau sebanyak 30 truk tangki yang telah didroping kepada warga.

Selasa, 18 Juni 2024 | 19:31 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang telah menyiapkan cadangan air bersih sebesar 1.500.000 liter. Hal ini untuk mengantisipasi bencana kekeringan saat musim kemarau tahun ini. 

"Dari total 1.500.000 liter air bersih, sampai saat ini baru terserap 1.500 liter air bersih atau sebanyak 30 truk tangki yang telah didroping kepada warga," kata Kepala BPBD Kota Semarang, Endro P Martantono, Selasa (18/6). 

BERITA TERKAIT:
BPBD Kota Semarang Sediakan 1,5 Juta Liter Air Bersih untuk Hadapi Kemarau
Memasuki Kemarau, Jumlah Warga Cilacap Terdampak Kekeringan Bertambah
Jokowi Perintahkan Kementan dan PUPR Bangun 20 Pompa untuk Antisipasi Kekeringan
BPBD Cilacap Salurkan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan
Atasi Permasalahan Kekeringan, Pemkab Rembang Bantu Ratusan Pompa Air

Pasokan air bersih tersebut akan didistribusikan ke daerah rawan bencana kekeringan maupun saat dibutuhkan untuk dukungan apabila terjadi bencana lainnya. Pihaknya, saat ini telah memetakan empat daerah atau kecamatan yang rawan kekeringan saat memasuki musim kemarau di Kota Semarang. 

"Yakni, di Kecamatan Banyumanik (Jabungan), Tembalang (Mangunharjo dan Rowosari), Kecamatan Ngaliyan (Wonosari) dan Kecamatan Gunungpati (Cepoko). Sedangkan 1 wilayah lagi yang juga terpantau, yakni di Kecamatan Genuk, namun sampai saat ini kondisinya masih relatif aman," ujarnya. 

Ia mengimbau warga Ibukota Jawa Tengah tak perlu panik soal persediaan air. Ketika warga membutuhkan, pihaknya menjamin akan mengirim air bersih

"Masyarakat tidak perlu panik, dan diperkirakan persediaan air bersih ini masih cukup untuk kebutuhan warga sampai Desember mendatang," tandas dia.

***

tags: #kekeringan #air bersih #kemarau #bpbd kota semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI