Triwulan Kedua, Pj Bupati Jepara Apresiasi OPD yang Progres Fisiknya Lampaui Target

Edy juga meminta kepada seluruh OPD pengampu pungutan daerah (pajak dan retribusi daerah) untuk mengoptimalkan penerimaan PAD dari semua sektor penerimaan tersebut.

Kamis, 20 Juni 2024 | 06:36 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengapresiasi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang progres fisik di triwulan kedua ini melebihi target yang ditetapkan. Apresiasi ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kinerja (POK) di Ruang Sosrokartono, Setda Jepara, Rabu (19/6/2024).

Setidaknya ada 6 OPD yang capaiannya melebihi target. Yakni DPMPTSP, Satpol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, Disperindag, Kecamatan Tahunan dan Disdukcapil. DPMPTSP progres fisiknya mencapai 43, 35 persen. Sedangkan target yang ditetapkan yakni 38,98 persen.

BERITA TERKAIT:
Triwulan Kedua, Pj Bupati Jepara Apresiasi OPD yang Progres Fisiknya Lampaui Target
Dinperindag Purbalingga Raih OPD Of The Year 2023
37 Perwakilan OPD se-Yogyakarta Ikuti Lomba Gobak Sodor
Rudy dan Ahyani Karantina Mandiri, Sejumlah Agenda Dialihkan secara Virtual

"Terima kasih kepada perangkat daerah yang capaiannya sudah baik. Kepada yang lain agar segera menyesuaikan dengan target yang ada," kata Edy.

Edy juga meminta agar 10 paket kegiatan strategis agar diperhatikan pelaksanaan lelang dan waktu pelaksanaannya. Seperti pembangunan jembatan, gedung, pasar dan embung. Termasuk penataan Alun-Alun Jepara 1 agar dapat dipercepat pekerjaannya.

"Dengan keterbatasan APBD kabupaten maka optimalkan sumber dana dari Bankeuprov dan DAK. Jangan abaikan DAK karena merupakan komponen pendapatan, jika DAK tidak tersalurkan akan berdampak pada kapasitas fiskal daerah," imbuhnya.

Orang nomor satu di Jepara ini juga meminta kepada seluruh OPD pengampu pungutan daerah (pajak dan retribusi daerah) untuk mengoptimalkan penerimaan PAD dari semua sektor penerimaan tersebut. Tidak hanya dapat mencapai target, tapi dirinya berharap dapat dioptimalkan. "Mapping potensi sumber penerimaan PAD yang dapat digenjot," jelasnya.

Lebih lanjut Edy juga meminta perqngkat daerah memperhatikan betul prinsip kehati-hatian, transparansi, tertib administrasi. Jangan sampai ada dobel anggaran antar sumber pendanaan. "Mari tetap jaga kekompakan dan jaga semangat," tandasnya.

***

tags: #organisasi perangkat daerah (opd) #pj bupati jepara #edy supriyanta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI