Bandara Internasional Ahmad Yani. Foto: Istimewa.

Bandara Internasional Ahmad Yani. Foto: Istimewa.

Bandara Ahmad Yani Tutup Sementara, Satu Penerbangan Tujuan Semarang Dialihkan ke Surabaya

Akibat penutupan tersebut, terdapat satu penerbangan terdampak, yaitu Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang dengan status dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Sabtu, 06 Februari 2021 | 09:00 WIB - Ragam
Penulis: Firin . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang untuk sementara ditutup lantaran terjadi genangan air di sekitaran runway Bandara. Penutupan sementara itu diberlakukan lantaran cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam, Jumat (5/1/2021).

Heri Trisno Wibowo selaku Stakeholder Relation Manager Bandara Ahmad Yani, menerangkan bahwa telah terjadi genangan air di sekitaran runway Bandara Jenderal Ahmad Yani. Hingga saat ini, lanjut Wibowo, pihaknya masih melakukan pengecekan secara rutin (inspeksi).

BERITA TERKAIT:
Cuaca Buruk Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat PK-IFP di Tangsel
Masyarakat Bali Diimbau Waspadai Cuaca Buruk pada 6-8 April 2024
Waspada! Cuaca Buruk Masih Menghantui Kota Semarang
Gegara Cuaca Buruk, Pendaratan Dua Pesawat Sempat Dialihkan ke Semarang
11 Orang Tewas Akibat Longsor di Natuna, 47 Korban Lainnya Hilang

"Iya Pak memang ada genangan air dirunway disebabkan curah hujan yang sangat dari tadi malam, antisipasi yg sudah kita laksanakan adalah mengaktifkan seluruh pompa air untuk mengalirkan air ke luar." jelas Wibowo saat dihubungi KUASAKATACOM, Sabtu (6/2/2021) pagi.

Wibowo menjelaskan bahwa yang tergenang air hanya bagian selatan runway. "Sebagian saja sisi selatan runway, dan sudah mulai berkurang, semoga hujan segera reda" terangnya.

Wibowo menerangkan, pihaknya saat ini sedang melakukan langkah-langkah antisipasi dengan cara pengaktifan 54 unit pompa untuk menghindari terjadinya banjir di area bandara. Selain itu, koordinasi ketat juga dilakukan oleh unit terkait. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa serdasarkan NOTAM Nomor : B0177/21 NOTAMN perihal RWY 13/31, Bandara Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara sampai dengan pukul 09.00 WIB. Ia menjelaskan, untuk sementara dilakukan pembersihan genangan air di area runway.

Akibat penutupan tersebut, lanjut dia, sampai dengan saat ini terdapat satu penerbangan terdampak, yaitu Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang dengan status dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

"dikarenakan kondisi cuaca yang masih hujan untuk pesawat GA 232 Dari jakarta divert sementara ke Bandara Juanda, sampai dengan saat ini baru penerbangan Garuda dari jkt yg terdampak" pungkasnya.
 

***

tags: #cuaca buruk #bandara ahmad yani #semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI