Ilustrasi penyekatan mudik, Foto: Istimewa

Ilustrasi penyekatan mudik, Foto: Istimewa

Selama Larangan Mudik, Polda DIY Putar Balik 7.996 Kendaraan

Penjagaan di perbatasan tetap akan dilakukan hingga tanggal 24 Mei mendatang.

Selasa, 18 Mei 2021 | 12:57 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Yogyakarta -  Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengerahkan 1.359 personel dalam Operasi Ketupat Progo 2021 dalam rangka penyekatan mudik di perbatasan DIY selama larangan mudik.

"Kendaraan yang diperiksa totalnya 27.705 kendaraan itu terdiri dari roda empat, roda dua dan juga bus, maupun kendaraan barang," ungkap Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto di kantornya Sleman, Selasa (18/5).

BERITA TERKAIT:
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda DIY Gelar Olahraga Bersama dan Bagi-bagi Doorproze
Ade Armando Dilaporkan ke Polda DIY, Ini Penyebabnya
Jelang Pemilu, Wakapolri Apresiasi Polda DIY Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan
Polda DIY Bantu Air Bersih dan Paket Sembako ke Warga Desa Sampang Gunungkidul
Akhir Kasus Kekerasan Seksual Anggota BEM FMIPA UNY, Pengirim Menfess Jadi Tersangka

Lebih lanjut, ia merinci di Pos Temon terdapat 2.301 kendaraan yang diperiksa, Pos Tempel 9.924 kendaraan, Pos Prambanan 11.644 kendaraan, Pos Bedoyo 437 kendaraan, Pos Hargodumilah 463 kendaraan. Kemudian, Pos Exnataputra 454 kendaraan, Pos Demangan 363 kendaraan, Pos Piyungan 603 kendaraan, Pos Srandakan 672 kendaraan, dan Pos Sedayu 844 kendaraan. "Pemeriksaan kendaraan puncaknya adalah tanggal 12 Mei ada 3 ribu lebih kendaraan yang dilakukan pemeriksaan dari total 27 ribu tadi," bebernya.

Dari jumlah kendaraan yang diperiksa, lanjut dia, ada ribuan kendaraan yang diputar balik. "Untuk jumlah kendaraan yang diputar balik di pos check point selama 12 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Progo 2021 sebanyak 7.996 kendaraan," jelasnya.

Selain itu, ia menjelaskan saat masa larangan mudik Lebaran, polisi juga melakukan rapid tes antigen secara acak terhadap para pengendara yang melewati pos check point. Hasilnya, ditemukan beberapa pengendara yang positif Corona berdasarkan rapid test antigen. "Rapid test antigen sejumlah 5.136 orang dengan hasil negatif sebanyak 5130 orang dan positif sebanyak 6 orang. Ditindaklanjuti pemeriksaan di Hardjolukito," jelasnya.

Kemudian ia mengatakan penjagaan di perbatasan tetap akan dilakukan hingga tanggal 24 Mei mendatang. Hanya saja, intensitas penjagaan tidak akan seketat saat masa pelarangan mudik Lebaran. "Setelah tanggal 17 Mei ini sampai dengan tanggal 24 Mei kepolisian tetap melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Artinya ini untuk melakukan pencegahan orang-orang yang melintas batas wilayah provinsi untuk dilakukan pemeriksaan," pungkasnya.

***

tags: #polda diy #penyekatan mudik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI