Foto istimewa.

Foto istimewa.

Argentina Tantang Brazil di Partai Pucak Copa America

Martinez menjadi pahlawan Argentina setelah menepis bola dari penendang kelima Kolombia, Edwin Cardona, yang menuju sisi kirinya.

Rabu, 07 Juli 2021 | 13:11 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Rio de Janeiro- Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, pertandingan Argentina melawan Kolombia pada partai semifinal Copa America dilanjutkan dengan adu pinalti. Adu pinalti kemudian dimenangkan oleh Argentina, sehingga Lionel Messi dkk dipastikan maju ke partai puncak. 

Pertandingan semifinal itu digelar di Estadio Nacional de Brasilia, Brazil, Rabu pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

BERITA TERKAIT:
Tekuk Peru 2-0, Argentina Juarai Grup A Copa America 2024
Tekuk Kosta Rika 3-0, Kolombia Melaju ke Perempat Final Copa America 2024
Atletico Madrid Resmi Dapatkan Rodrigo De Paul dari Udinese
Argentina Juara, Messi Akhiri Puasa Gelar Bersama Timnas
Kalahkan Brazil 1-0, Argentina Juara Copa America 2021

Argentina di awal pertandingan mencoba mengambil inisitaif serangan, dan tim Tango mampu unggul cepat pada menit ke-7. Gol itu bermula dari Giovani Lo Ceso yang melepas umpan terukur ke Lionel Messi yang masuk ke kotak penalti. Kapten Argentina tersebut sempat mengecoh bek lawan sebelum menyodorkan bola ke Lautaro Martinez.

Lautaro kemudian melepas tembakan ke pojok kiri gawang Kolombia dan membuat Argentina unggul 1-0.

Usai tertinggal, Kolombia kemudian berusaha membalas dan peluang itu datang pada menit ke-36. Berawal dari Wilmer Barrios melepaskan tendangan voli setelah menyambar bola liar halauan dari Nicolas Otamendi. Sayangnya, upaya itu masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke 44, Argentina memiliki kesempatan untuk menggandakan kedudukan melalui tandukan Nicolas Gonzales yang memanfaatkan sepak pojok Lionel Messi.

Namun, upaya Gonzales masih bisa diselamatkan kiper David Ospina dengan gemilang. Sehingga Skor 1-0 untuk Argentina tetap bertahan hingga turun minum.

Masuk ke babak kedua, Kolombia berinisiatif bermain terbuka. Hal itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan. Dan usaha itu membuahkan hasil pada menit ke-61. Luis Diaz menusuk dari sisi kiri setelah menerima tendangan bebas cepat. Ia kemudian bisa memenangi duel dengan German Pazzella sebelum melepas sepakan dari sudut sempit dan menaklukkan kiper Emiliano Martinez. Kolombia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir hingga pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Kolombia melalui Juan Cuadrado mengawali adu penalti serta sukses menyarangkan ke pojok gawang Martinez. Demikian pula dengan Messi yang mengarahkan bola ke pojok kiri atas untuk mengecoh David Ospina.

Kiper Argentina mampu mnghalau tembakan eksekutor kedua Kolombia Davinson Sanchez. Giliran penendang Argentina yang gagal mengeksekusi penalti. Sepakan Rodrigo De Paul terlalu tinggi dari gawang Ospina.

Yerry Mina maju sebagai penendang ketiga dan Martinez tampil cemerlang dengan menepis bola sepakan ke arah kanan. Argentina memimpin 2-1 setelah Leandro Paredes mengecoh Ospina ke sisi kiri.

Miguel Borja yang menjadi penendang keempat Kolombia berhasil membuat skor 2-2 setelah tembakannya menaklukkan Martinez. Lautaro membuat Argentina unggul 3-2 setelah sepakannya ke kanan atas tidak bisa dihentikan Ospina.

Martinez menjadi pahlawan Argentina setelah menepis bola dari penendang kelima Kolombia, Edwin Cardona, yang menuju sisi kirinya.

Kemenangan itu membuat Argentina maju ke babak final menghadapi Brazil, pada Minggu (11/7) pagi WIB.

Susunan Pemain:

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez;Nahuel Molina (GonzaloMontiel 46'), GermanPezzella, NicolasOtamendi, NicolasTagliafico; Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez,Giovani Lo Celso (Leandro Paredes 56'); Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez (Angel Di Maria 67').

Kolombia (4-4-2): David Ospina; Daniel Munoz, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo (Frank Fabra 46'); Juan Cuadrado, Wilmer Barrios, Gutavo Cuellar (Yimmi Chara 46'), Luis Diaz; Rafael Borre (Edwin Cardona 46'), Duvan Zapata (Miguel Borja 60').

***

tags: #copa america #kolombia #argentina #brazil

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI