Lagi, Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Pijar

Guguran lava dan awan panas Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya.

Senin, 23 Agustus 2021 | 11:32 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Sleman- Gunung Merapi pada Senin (23/8/2021) memutahkan dua kali guguran lava pijar. Hal itu berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Selama periode pengamatan pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, disampaikan Kepala BPPTKG, Hanik Humaida Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar meluncur dengan jarak maksimum sejauh 2.000 meter ke arah barat daya.

BERITA TERKAIT:
Merapi Kembali Erupsi, Semburkan Lava Sebanyak 15 Kali Sejauh 1.800 Meter
Merapi Kembali Erupsi, Muntahkan Guguran Lava Sejauh 1.500 Meter
Terdampak Erupsi Merapi, Sebagian Wilayah Magelang Diguyur Hujan Abu Vulkanik
Ancaman Gunung Marapi Masih Tinggi, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada
Gunung Merapi Erupsi, Operasional Bandara Adi Soemarmo Tak Terganggu

Selain itu BPPTKG juga mencatat ada sebanyak 58 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-23 mm selama 28-154 detik, tiga kali gempa hembusan dengan amplitudo 4-5 mm selama 12-26 detik, serta satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 20 mm selama 119 detik.

Selama pengamatan asap kawah tidak teramati keluar dari puncak kawah Merapi. Gunung Merapi bercuaca berawan dan angin bertiup sedang ke arah barat dengan suhu udara 13-21 derajat Celsius, kelembaban udara 76-79 persen dan tekanan udara 838-943 mmHg.

Guguran lava dan awan panas Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya, yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga km dari puncak gunung.
 

***

tags: #gunung merapi #guguran lava pijar #bpptkg

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI