Pesta Demokrasi 2024, KPU Kota Semarang Mulai Kunjungi Partai Politik

Mengenai tahapan Pemilu 2024, secara resmi KPU masih menunggu dari Pemerintah Pusat dan KPU RI.

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 16:35 WIB - Politik
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Aktivitas jelang Pemilu 2024 mulai terlihat. Salah satunya nampak dari jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang. Belum lama ini, KPU mulai safari mengunjungi semua partai politik

Ketua KPU Kota Semarang Henry Cassandra Goeltom mengatakan roadshow itu digelar selama empat hari berturut turut. Dalam sehari, pihaknya menyambangi empat partai politik

BERITA TERKAIT:
KPU Kota Semarang Lakukan Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 terhadap Keluarga Mbak Ita
KPU Kota Semarang Lantik 80 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan
Pilkada Kota Semarang Jalur Perseorangan Tak Ada Peminat
KPU Kota Semarang Sebut Ada Caleg DPRD Jateng Ajukan Gugatan ke MK
Tak Ada PSU, KPU Sebut Pemilu di Kota Semarang Berjalan Lancar Sesuai Harapan

“Safari kunjungan ini bentuk silaturahmi sekaligus memberikan sosialisasi terkait Pemilu 2024. Dalam sosialisasi ini kami memberi masukan kepada partai politik untuk mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan, misalnya, updating struktur organisasi dan kelengkapan administrasi perkantoran,” kata pria yang akrab disapa Nanda ini kepada KUASAKATACOM, Sabtu (9/10/2021).

Struktur organisasi partai politik saat ini, kata dia, mungkin tidak sama seperti dulu dan itu perlu diperbaharui. Sehingga jika sudah ada persiapan dini seperti ini, diharapkan partai politik bakal siap matang untuk menyongsong Pemilu 2024.

“Siapa tau aja dalam struktur organisasi ada yang meninggal dunia atau berhalangan, tetap ini kan butuh waktu untuk melengkapi. Kami lebih kepada memberikan masukan awal sehingga nanti ketika tahapan resmi dimulai, paling tidak kesiapan sudah makin matang," jelasnya.

Mengenai tahapan Pemilu 2024, katanya, secara resmi KPU masih menunggu dari Pemerintah Pusat dan KPU RI. Pelaksanaan Pemilu 2024 belum merujuk pada satu tanggal karena masih ada perbedaan. “KPU RI menyebutkan 21 Februari 2024, sedangkan Pemerintah menyebutkan 15 Mei 2024,” beber dia.

KPU, Pemerintah, dan DPR RI, kata dia, masih proses sinkronisasi untuk menentukan kepastian tanggal pelaksanaan. 

Setelah sosialisasi kepada partai politik selesai, KPU berencana menggelar bimbingan teknis pada akhir bulan ini bersama dengan Pengadilan Negeri Semarang. Tujuannya untuk menyampaikan terkait penggunaan aplikasi Era Terang. Ini bakal dibutuhkan oleh seluruh bakal calon legislatif unyuk mendapatkan surat dari pengadilan.

***

tags: #kpu kota semarang #pemilu #partai politik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI