Anggota Polda Jateng Dilengkapi Senjata Api untuk Amankan Perayaan Paskah di 3500 Gereja

Teknis pengamanan dilakukan oleh Polres jajaran dan dibackup oleh Polda Jateng.

Kamis, 14 April 2022 | 13:59 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Polda Jateng telah menyiapkan langkah pengamanan perayaan Paskah 2022. Langkah ini dipersiapkan agar kepolisian tak "kecolongan" alias tak ada hal hal buruk yang terjadi.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Al-Qudussy mengatakan Terkait strategi pengamanan, dijelaskan kepolisian sudah menyiapkan langkah agar tidak kecolongan.

BERITA TERKAIT:
Ikuti Upacara HUT Bhayangkara, Nana Sudjana Berharap Polri Semakin Profesional
Gus Yasin Hadir pada Upacara HUT Polri di Semarang, Pertanda Siap Maju Pilkada Jateng bareng Luthfi?
Ada HUT Bhayangkara, Arus Lalu Lintas di Jalan Pemuda Semarang Dialihkan
Wujudkan Ketahanan Pangan, Polda Jateng Gelar Bakti Sosial di Bergas Semarang
Judi Online Beromset Rp 15 Miliar Diungkap Polisi, Sembilan Tersangka Dilimpahkan Ke Kejari Kota Semarang 

"Tiap gereja yang mengadakan misa akan dijaga personil Polri baik terbuka maupun tertutup. Tebruka artinya personil pakai seragam dan yang tertutup adalah yang tidak pakai seragam. Personel juga dilengkapi senjata api. Adapun aplikasinya di lapangan akan disesuaikan sesuai tingkat kerawanan, lokasi, jumlah jemaat gereja dan sebagainya," kata Iqbal, di Semarang, Kamis (14/4).

Sebelum pelaksanaan ibadah, Polri akan melakukan sterilisasi gereja dan memastikan tidak ada benda mencurigakan dan hal lain yang membahayakan.

"Di gereja yang besar seperti Katedral, sterilisasi dilakukan oleh Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Satuan Brimob dan Unit K-9. Personil juga ada yang ditempatkan di lokasi selama 1x24 jam," jelasnya.

Pada intinya, kata dia, Polda Jateng all out atau totalitas tanpa batas dalam mengamankan perayaan Paskah 2022. Ia menuturkan ada sekitar 24 ribu anggota Polda Jateng yang siap mengamankan perayaan Paskah di sekitar 3500 gereja di Jawa Tengah.

Adapun teknis pengamanan dilakukan oleh Polres jajaran dan dibackup oleh Polda Jateng.

"pengamanan dilaksanakan maksimal namun proporsional. Kita all out namun juga memperhatikan kenyamanan warga yang beribadah. Semoga perayaan Paskah di Jateng berjalan aman dan tanpa gangguan. Polri sebagai representasi negara akan hadir mengamankan secara maksimal, tentu saja dengan berkoordinasi dengan unsur TNI dan pemerintah daerah, serta didukung seluruh lapisan masyarakat," pungkas dia.

***

tags: #polda jateng #pengamanan #gereja #paskah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI