Dokkes Polda Jateng Tegaskan Tes Kesehatan Calon Anggota Polisi Tetapkan Prinsip BETAH

Tes kesehatan ini terpantau dalam sebuah sistem. Usai tes, pendaftar bisa tahu hasilnya apakah lolos atau tidak. 

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:07 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Polri membuka pendaftaran anggota baru melalui jalur Bintara dan Taruna Akpol. Di wilayah Polda Jateng, prosesnya saat ini telah sampai pada pemeriksaan kesehatan tahap 1. 

Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jateng, Sumi Hastry Purwanti mengatakan banyak sebagian besar masyarakat mendaftar sebagai calon polisi melalui jenjang Bintara. Mereka rata rata lulusan SMA. 

BERITA TERKAIT:
Dokkes Polda Jateng Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga Terdampak Banjir di Kota Semarang
Dokter Hastry Ungkap Pentingnya Hasil Forensik Untuk Menguak Fakta Tindak Pidana
Ribuan Anggota Polda Jateng Jalani Test Swab usai OKC, Bagaimana Hasilnya? Ini Jawaban dari Dokkes
Dokkes Polda Jateng Tegaskan Tes Kesehatan Calon Anggota Polisi Tetapkan Prinsip BETAH
Hendi Apresiasi Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Booster di Klenteng Tay Kak Sie Semarang

"Ada juga yang mendaftar khusus sebagai tenaga kesehatan karena lulusan SMK. Ada juga yang mendaftar khusus ke Brimob. Maka tesnya langsung kesehatan Brimob," kata Hastry di kantor dinasnya, di Kompleks RS Bhayangkara Semarang, Jumat (13/5/2022). 

Ada juga yang mendaftar sebagai Bintara korp musik. Saat ini para pendaftar sedang menjalani tes kesehatan tahap 1.

"Secara umum, tes kesehatannya sama. Tahap pertama ini seperti jasmani, psikologi dan lain lain. Prinsipnya tes Kita yakni BETAH, bersih, transparan, akuntable dan humanis," jelasnya.

Tes kesehatan ini kata dia, terpantau dalam sebuah sistem. Usai tes, pendaftar bisa tahu hasilnya apakah lolos atau tidak. 

"Ini namanya sistem gugur. Yang tidak lolos langsung berkurang. Kemarin yang lolos dan ikut tes kesehatan tahap 1 yang Bintara ada sekitar 5000 orang dan 400an pendaftar Akpol," terangnya.

Untuk bisa lolos menjadi anggota polisi, ia menyarankan agar peserta memeriksakan kesehatan di rumah sakit milik Polri. Karena di Rumah sakit ini telah ada standar kesehatan untuk anggota Polri.

"Di situ nanti diperiksa mulai dari Mata, Telinga, Hidung,  THT, dada,  ambeyen, varikokel, hernia, varises, kaki bebek, gigi, bekas luka di fisik, dan lain lain," ucapnya.

***

tags: #bid dokkes #akpol #seleksi #polri #polda jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI