358 Jemaah Haji Asal Pati Telah Tiba di Makkah

Konjen RI di Jeddah ini juga berpesan bahwa ada berbagai pengetatan di Saudi.

Senin, 13 Juni 2022 | 17:09 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Makkah- Sebanyak 358 jemaah haji Indonesia asal Pati, Jawa Tengah telah tiba di Hotel, Kiswah, Jarwal - Makkah. Para jemaah asal Pati itu tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Solo (SOC 1).

Terlihat bus pertama yang mengantar jemaah asal Pati itu, masuk ke halaman hotel tepat pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS). 

BERITA TERKAIT:
Hari Ini, Dimulai Pemulangan Jemaah Haji Gelombang II dari Madinah
Mulai Timbang Koper Jemaah Haji di Madinah, PPIH Ingatkan Berat Maksimal dan Barang Dilarang
Kakan Kemenag Brebes : 4 Haji Wafat dan 2 Lainnya Sakit Dirawat di Arab Saudi
PPIH Fasilitasi Jemaah Haji Sakit Ziarah ke Masjidil Haram dan Nabawi
PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi

Para jemaah itu diberangkatkan dari Bir Ali Madinah pukul 17.35 WAS, dengan 8 bus.

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono dan Ketua Muassasah Asia Tenggara Adnan Manduro, datang menyambut tamu-tamu Allah (dluyuufurrahman) itu. 

Hadir, Kepala Daker Makkah Muhammad Khanif dan jajaran pimpinan maktab dalam menyambut kedatangan jemaah haji asal Pati itu.

Konjen RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan, kehadiran jemaah SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah di Makkah. "Ini rombongan pertama jemaah kita yang bergerak dari Madinah menuju ke Makkah," terang Eko Hartono di Makkah, melalui rilis Kementerian Agama, Senin (13/6).

"Ini adalah kloter pertama yang datang ke Madinah pada 4 Juni 2022. Mereka dari embarkasi Solo. Kami juga menyambut rombongan pertama ini," sambungnya.

Eko Hartono berharap jemaah dapat beribadah dengan baik. "Semoga tetap diberikan kesehatan sehingga ibadah haji mereka bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Eko juga mengingatkan bahwa haji adalah ibadah fisik. Karenanya, semangat beribadah harus diimbangi dengan kemampuan menjaga diri. Apalagi, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Meski pandemi Covid-19 mereda, tetap hati-hati agar kita tidak tertular. Perlu kedisiplinan jemaah. Jaga stamina. Jika tidak diperlukan jangan berkerumun," pesan Eko.

Konjen RI di Jeddah ini juga berpesan bahwa ada berbagai pengetatan di Saudi. Misalnya, di Masjidil Haram tidak boleh berfoto-foto dengan menbawa identitas diri dan kelompok, seperti spanduk, seragam, dan lainnya.

"Sekarang tidak boleh jemaah berkelompok membawa identitas diri apakah seragam atau spanduk, lalu berfoto, itu dilarang," jelasnya.

"Ini ada kejadian saat umrah. Ini juga harus kita sampaikan ke jemaah," tutupnya.

***

tags: #jemaah haji #pati #makkah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI