Kisah Haru Adelita, Yatim Piatu yang Kini Jadi Jemaah Haji Termuda

Kloter 8 akan menggunakan pesawat Garuda Airlines dengan nomor penerbangan GA1108.

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:25 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makassar – Adelita binti Baharudin Dg. Nompo menjadi jemaah haji termuda dari Indonesia. jemaah haji berusia 19 tahun itu tergabung dalam kloter 8 Makassar.

Kisah Adelita menjadi jemaah haji termuda berawal dari tahun 2009 lalu. Kala itu, ayahanda Adelita, Baharuddin Dg. Nompo, mendaftar haji dengan tantenya, Herlialan  dengan masa tunggu 13 tahun.

BERITA TERKAIT:
Hari Ini, Dimulai Pemulangan Jemaah Haji Gelombang II dari Madinah
Mulai Timbang Koper Jemaah Haji di Madinah, PPIH Ingatkan Berat Maksimal dan Barang Dilarang
Kakan Kemenag Brebes : 4 Haji Wafat dan 2 Lainnya Sakit Dirawat di Arab Saudi
PPIH Fasilitasi Jemaah Haji Sakit Ziarah ke Masjidil Haram dan Nabawi
PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi

Tahun demi tahun Baharuddin menanti keberangkatannya ke Tanah Suci untuk menuaikan ibadah haji. Namun Allah SWT berkehendak lain, Baharuddin dipanggil Sang Pencipta pada tahun 2018 lalu, tepatnya pada bulan Ramadhan.

"Bapak mendaftar tahun 2009 bersama tante dengan masa tunggu 13 tahun. Bapak sebenarnya berangkat tahun 2019 tetapi bulan Ramadan terakhir (2018) beliau meninggal," ungkap Adelita yang merupakan jemaah haji asal Kabupaten Takalar, 

Adelita mengungkapkan bahwa ayahnya sakit paru-paru dan meninggal. Akhirnya, porsi haji ayahnya diserahkan kepadanya yang merupakan anak satu-satunya karena ibu juga meninggal pada tahun 2020, 2 tahun setelah meninggalnya sang ayah.

"Di tanah suci saya mau mendoakan kedua orang tua saya, semoga beliau semua bahagia dan masuk surgaNya," harapnya saat mengikuti Pelepasan Kloter 8 di Aula Mina Asrama Haji Makassar.

Lebih lanjut, ia akan fokus beribadah Haji dan bisa pulang menjadi haji mabrur agar dapat membahagiakan orang tua. Adelita akan berangkat bersama 393 jamaah calon haji yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan di mana jumlah jemaah haji dari Sulawesi Tenggara 144 orang sedangkan jemaah haji dari Sulawesi Selatan berasal dari Kabupaten takalar sebanyak 120 jemaah haji 64 jemaah haji dari Maros 53 jemaah haji dari Palopo dan 8 dari Kota Makassar.

Kloter 8 akan menggunakan pesawat Garuda Airlines dengan nomor penerbangan GA1108 berangkat dari bandar udara internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 04.20 dini hari menuju bandar udara King Abdul Aziz Jeddah dan akan tiba pada pukul 12.00 10 waktu waktu Arab Saudi.

***

tags: #jemaah haji #termuda #adelita binti baharudin

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI