Ini Jawaban Ari Kuncoro Usai BEM UI Pertanyakan Kekayaannya Naik Rp35 Miliar 

Dalam laporan BEM UI, Ari tercatat memiliki harta kekayaan Rp 27.873.760.038 sebelum menjabat sebagai Rektor atau pada tahun 2018.

Senin, 29 Agustus 2022 | 17:29 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Harta Kekayaan Ari Kuncoro meningkat sebesar Rp35 miliar dalam kurun waktu tiga tahun terakhir selama menjadi rektor UI (Universitas Indonesia). 

Data ini dikeluarkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) melalui akun instagram @bemui_official melansir dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

BERITA TERKAIT:
Ini Jawaban Ari Kuncoro Usai BEM UI Pertanyakan Kekayaannya Naik Rp35 Miliar 
Kekayaannya Naik Rp35 Miliar Selama Tiga Tahun Menjabat Rektor UI, Begini Sepak Terjang Ari Kuncoro 
Tiga Tahun Menjabat, Kekayaan Rektor UI Meningkat Rp35 Miliar
Fadli Zon Sebut Harusnya Ari Kuncoro Mundur sebagai Rektor UI

Dalam laporan BEM UI, Ari tercatat memiliki harta Kekayaan Rp 27.873.760.038 sebelum menjabat sebagai Rektor atau pada tahun 2018.

"Sedangkan menurut LHKPN terbaru yang dilaporkan pada 26 Maret 2022, total harta Kekayaan Ari Kuncoro yang tercatat sebagai rektor UI, kini telah mencapai Rp 62.321.869.525," posting akun instagram @bemui_official.

Diketahui, Ari mulai menjabat sebagai rektor UI periode 2019-2024. Sehingga menjadi pertanyaan apakah kenaikan harta berjumlah fantastis ini berkaitan dengan jabatan barunya.

"Dari manakah sumber pendanaan hingga total harta Kekayaan Bapak Rektor satu ini bertambah dua kali lipat?," tanya BEM UI, dikutip dari akun @bemui_official pada Senin (29/8).

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro buka suara ihwal kekayaannya melonjak sebanyak Rp35 miliar dalam tempo tiga tahun.
Ari mengatakan bahwa Kekayaan yang tercatat dalam laporan harta Kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) itu berasal dari dua sumber pemasukan yakni dirinya dan istri.

"Ya, LHKPN bersama dengan istri," kata Ari

Arie beranggapan bahwa banyak pihak yang tidak tahu terkait itu, sehingga memandang aneh terkait lonjakan kekayaannya.

Ari mengklaim lonjakan Kekayaan itu terbilang wajar. Apalagi, kata Ari, istrinya bekerja di industri keuangan dan sudah menjadi kepala eksekutif di suatu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Ari menilai penghasilan istrinya itu juga berkontribusi signifikan dalam kenaikan Kekayaan selama tiga tahun terakhir.

"Iya [Kekayaan gabungan] dengan istri yang bekerja di industri keuangan dan sudah sekitar 3 tahun sampai sekarang Kepala Eksekutif LPS," jelasnya.

Terpisah, Plt Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding menjelaskan LHKPN memang tidak mengenal pemisahan harta.

"LHKPN tidak mengenal pemisahan harta. harta yang dilaporkan meliputi harta penyelenggara negara (PN) yang bersangkutan, pasangan dan anak yang masih dalam tanggungan PN," jelas dia.
 

***

tags: #ari kuncoro # rektor ui #kekayaan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI