Peternak Boyolali Diminta Waspada Penyakit LSD pada Hewan

Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga asupan gizi pada hewan ternak.

Selasa, 17 Januari 2023 | 18:55 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali mengeluarkan imbauan kepada peternak di Kota Susu agar mewaspadai adanya penyebaran penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

Untuk diketahui, LSD merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang menyerang ternak sapi dan kerbau. Penyakit LSD muncul pada hewan ternak akibat gigitan vector seperti lalat, nyamuk dan caplak yang menyebabkan banyak benjolan.

BERITA TERKAIT:
Presiden Salurkan Hewan Kurban di Salah Satu Ponpes Boyolali
Jelang Idul Adha, Disnakkan Boyolali Terjunkan Petugas Pengecekan Hewan Kurban
Dinkes Boyolali Sebut Kasus DBD di Kota Susu Terus Menurun
BLK Boyolali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Catat Tanggalnya!
Cegah Penyebaran PMK, Pemkab Boyolali Perketat Pasar Ternak

Menurut catatan Disnakkan Kabupaten Boyolali mencatat bahwa terdapat kasus ternak terserang penyakit LSD di Desa Pakang, Kecamatan Andong beberapa waktu yang lalu. Masih dari sumber yang sama, disebutkan bahwa terdapat 606 ekor sapi suspek LSD dan 32 ekor sapi diantaranya positif terjangkit penyakit LSD, serta sembuh 20 ekor.
 
“Dari 606 suspek ini yang positif berdasarkan uji lab adalah 32. Jadi sekarang totalnya jadi 606 tadi yang sudah dinyatakan sembuh 20 ekor,” kata Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati, Selasa (17/01/2023).
 
Upaya yang dilakukan antara lain dengan mengerahkan berbagai elemen untuk melakukan biosecurity dan melakukan cek hewan ternak yang akan dibawa ke pasar hewan yang ada di Kabupaten Boyolali. Selain itu, pihaknya juga melakukan vaksinasi ke hewan ternah yang terindikasi penyakit LSD.
 
“Juga saat ini sudah dilakukan sebagian vaksinasi. Vaksin kami itu baru mendapatkan 3.700, sudah terdistribusi di UPT puskeswan dan sebagian di sini (kantor Disnakkan) untuk melayani yang sekiranya emergency dan kami sedang mengupayakan tambahan vaksin dengan melayangkan surat ke provinsi,” terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Afiany Rifdania mengatakan bahwa hewan ternak yang terkena penyakit LSD dengan ditandai dengan gejala benjolan di tubuh hewan ternak, akan mempengaruhi harga jual hewan ternah tersebut.
 
“Para peternak, mohon bersabar mengikuti proses penyembuhan proses pengobatan, dilakukan saja karena ini sudah banyak terbukti sudah sembuh dan kembali mulus (hewan ternak) nanti jadi gemuk lagi, luka menghilang dan bisa kembali meningkatkan harga jual,” sambungnya.
 
Pengobatan yang diberikan kepada sapidan kerbau selain vaksinasi, yakni pemberian obat dan vitamin yang diberikan setiap 10 hari sekali selama satu bulan untuk mematikan virus dan mengobati bekas luka pada hewan ternak sehingga hewan ternak bisa puliih kembali.
 
Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga asupan gizi pada hewan ternak.
 
“Paling utama itu menjaga kebersihan karena ditularkan lewat vektor. Dan mohon bantuan dari masyarakat untuk juga menjaga asupan gizi,” tukasnya.

***

tags: #boyolali #disnakkan #penyakit kulit #lsd

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI