Dinkes Boyolali Sebut Kasus DBD di Kota Susu Terus Menurun

Masyarakat diimbau tetap waspada dan konsisten dengan Gerakan Pemeriksaan Jentik Berkala.

Rabu, 22 Mei 2024 | 15:47 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali - Kasus penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) pada 22 kecamatan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terus menurun. Hal tersebut disampaikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali.

Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali Puji Astuti menerangkan bahwa kasus penyakit DBD di Boyolali sejak Januari hingga Mei mencapai 456 kasus, tetapi kini terus menurun kasusnya.

BERITA TERKAIT:
Dinkes Boyolali Sebut Kasus DBD di Kota Susu Terus Menurun
Hingga April Kasus DB Masih Tinggi, Wabup Purbalingga Ajak Semua Pihak Terapkan PSN
Kasus DBD Meningkat, Pemkab Demak Gencar Ajak Masyarakat Lakukan PSN 
Terkena Demam Berdarah, Enam Warga Lebak Meninggal Dunia
Sebanyak 14 Orang Meninggal akibat Demam Berdarah di Klaten

"Jumlah kasus DBD di Boyolali pada Mei tahun ini tercatat ada 48 kasus atau menurun dibanding bulan-bulan sebelumnya," katanya, Rabu.

Puji mengatakan, kasus DBD pada Januari tercatat ada 78 kasus, kemudian meningkat pada Februari mencapai 90 kasus. Namun, kata dia, kasus DBD di Boyolali pada Maret meningkat mencapai 157 kasus, tetapi kemudian menurun pada April sebanyak 113 kasus dan pada Mei ini menurun lagi hanya 48 kasus.

Kendati demikian pihaknya berharap kasus DBD di Boyolali terus menurun dan masyarakat tetap sehat selama menjaga lingkungan masing-masing bersih serta bebas nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan penyakit DBD. 

"Kami berharap kasus DBD di Boyolali terus menurun dan tidak ada tambahan kasus lagi, sehingga Boyolali aman dari penyakit DBD," katanya.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat tetap waspada dan konsisten dengan Gerakan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) untuk menurunkan Angka Bebas Jentik (ABJ) di daerah masing-masing.

Selain itu Dinkes Boyolali terus mendorong puskesmas di setiap kecamatan bersama kader dan masyarakat melakukan pencegahan perkembangan nyamuk penyebab DBD dengan gerakan PJB untuk menurunkan ABJ.

"Kami gerakan pemeriksaan jenis berkala itu terus dilakukan semua wilayah kecamatan dan desa untuk mengantisipasi adanya nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD," katanya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat meminta obat pembunuh jentik nyamuk atau Abate di puskesmas terdekat. Abate diberikan secara gratis untuk masyarakat selama persediaan masih ada. Jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala mengarah ke DBD, kata dia, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau layanan kesehatan masyarkat.

***

tags: #demam berdarah #boyolali #dinas kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI