Polda Jateng Tanam Jagung di Pringapus Semarang, Masyarakat Dilibatkan untuk Mengelola

Penanaman jagung dilaksanakan secara simbolis oleh Kapolda Jateng.

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:47 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Ungaran - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Jateng bersama dengan Divisi Regional Perhutani Jawa Tengah menanam jagung di lahan seluas 15,6 hektar di Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Selasa (24/1/ 2023). Lahan itu milik Perhutani Jawa Tengah yang merupakan lahan bekas tebangan.

Penanaman jagung dilaksanakan secara simbolis oleh KaPolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama jajaran Forkopimda Jateng.

BERITA TERKAIT:
Jalur Demak-Kudus Masih Lumpuh oleh Banjir, Ini Jalur Alternatifnya 
Polda Jateng Akui Minta Video ke Sejumlah Akademisi, tapi Untuk Pemilu Damai
Kabaharkam Polri Sebut Polda Jateng Siap Amankan Pemilu 2024
Polda Jateng Resmikan Monumen Kapolri Hoegeng, Patung Menghadap Jalan Pahlawan Kota Semarang
Masa Kampanye, Kondisi Jawa Tengah Aman dan Kondusif

KaPolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengemukakan pihaknya dalam membentuk satgas pangan diantara tugasnya berfokus pada penindakan segala kejahatan yang berhubungan dengan sediaan bahan pokok hingga BBM. 

“Tapi hari ini Dirreskrimsus dapat tugas dari saya untuk menanam,” kata Irjen Luthfi 

Ia mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan secara nasional. Pada teknisnya, lahan itu bisa dimanfaatkan untuk 3 bulan ke depan dengan sistem tumpangsari. 

"Nanti akan dikelola oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam Pak Tani Mitra Polri (Patroli) berjumlah 40 orang," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda Jawa Tengah Kombes Pol Dwi Subagio menyebut kegiatan itu juga sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat rapat koordinasi para kepala daerah di Sentul, Bogor, soal ketahanan pangan.

“Diversifikasi lahan dan untuk meningkatkan produksi jagung di Jawa Tengah. Ini sebagai pioner (pelopor) di Jawa Tengah, nantinya akan ada 450 hektar di Jawa Tengah nantinya di lain-lain tempat juga akan dilakukan,” kata Dwi 

Pihaknya berharap kegiatan seperti itu bisa terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan di seluruh Jawa Tengah. 

Kepala Divisi Regional Perhutani Jateng R. Ratmanto Trimahono mengemukakan lokasi tanam jagung di Candirejo itu masuk ke Petak 49 F. Dia mengemukakan lahan bekas tebangan itu selain bisa untuk tanam jagung bisa juga dimanfaatkan untuk tanam palawija.

***

tags: #polda jateng #jagung #menanam

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI