Hari Ini Ulangtahunnya , Sang Adik Ingin Nama Pramoedya Jadi Nama Jalan di Blora 

"Ini Jalan Sumbawa diganti Jalan Pramoedya," ucap Soesilo saat diwawancara di kediamannya, Blora, Senin (6/2/2023).

Senin, 06 Februari 2023 | 19:35 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blora - Adik sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Soesilo Toer berharap nama kakaknya diabadikan menjadi nama sebuah jalan di wilayah Kabupaten Blora. Ia berharap ruas Jalan Sumbawa diharapkan akan menjadi Jalan Pramoedya sebagai bentuk apresiasi terhadap sastrawan dengan karya fenomenalnya Tetralogi Buru. 

"Ini Jalan Sumbawa diganti Jalan Pramoedya," ucap Soesilo saat diwawancara di kediamannya, Blora, Senin (6/2/2023).

BERITA TERKAIT:
Sudah Lama Diusulkan, Nama Jalan Pramoedya Ananta Toer di Blora Belum Juga Diresmikan 
Mengenal Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer, Kekejaman Feodalisme Pada Zaman Itu
Hadiri Dialog Sastra Perpusda Jateng, Bambang Iss Wirya Kenang Sosok Pramoedya Ananta Toer
Hari Ini Ulangtahunnya , Sang Adik Ingin Nama Pramoedya Jadi Nama Jalan di Blora 

Mbah Sus, sapaan karibnya, berharap Jalan Halmahera juga diganti dengan nama jalan Mastoer, ayahnya. Dia menyebut ayahnya kala itu diakui sebagai bapak pendidikan di Blora.

"(Jalan Sumbawa) Ini sekarang saya akui Jalan Pramoedya. Yang ke arah SMPN 5 (Halmahera) Jalan Mastoer, ya sebagai kenang-kenangan. Kan bapak saya diakui sebagai bapak pendidikan Blora," jelas penulis berusia 86 tahun ini.

Mbah Sus telah mengusulkan nama jalan itu saat momen haul Pramoedya Ananta Toer kepada Bupati Blora Joko Nugroho periode 2010-2015. Kala itu dia mengusulkan penggantian nama jalan untuk mengapresiasi karya-karya kakaknya yang mendunia. Namun, hingga kini wacana itu belum terealisasi.

Ditemui terpisah, Bupati Blora Arief Rohman mengatakan usulan perubahan nama kedua jalan tersebut rencananya bakal dikoordinasikan dengan pihak terkait.

"Nanti kita akan usulkan terkait perubahan jalan itu. Nanti kita bahas kan tidak hanya kita, dengan DPRD, kita akan koordinasi dengan hal tersebut. Sudah kita terima nanti akan kita proses lebih lanjut," terang Arif saat ditemui di rumah dinasnya.

Arief berencana menggelar rangkaian acara untuk memperingati haul sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Menurutnya, Pram adalah tokoh asal Blora yang karyanya diakui dunia.

"Kita rencanakan satu tahun ke depan haulnya akan kita buat besar. Pram ini khazanah kekayaan kita. Bagaimana ini bisa menjadi potensi kita untuk nanti tahun depan kita bikin acara event yang besar. Kalau perlu luar negeri kita undang untuk event tersebut," ucap Arief.

Untuk diketahui, hari ini, 6 Februari 2023, merupakan hari ulang tahun ke-98 sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Untuk memperingatinya, digelar bakti lingkungan pramis dengan bersih-bersih di halaman rumah masa kecil Pram.

***

tags: #pramoedya ananta toer #nama jalan #blora #soesilo toer

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI