Erdogan Kembali Terpilih Jadi Presiden Turki usai Menangi Pemilu Putaran Kedua

Erdogan unggul tipis atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu dengan perolehan 52 persen suara.

Senin, 29 Mei 2023 | 09:53 WIB - Internasional
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Recep Tayyip Erdogan yang merupakan calon Presiden petahan kembali terpilih menjadi Presiden Turki. Posisi Presiden kembali dia dapatkan setelah memenangkan putaran kedua pemilihan Presiden (pilpres) Tur. Erdogan kembali memimpin negara itu untuk lima tahun ke depan hingga 2028.

Erdogan mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada masyarakat Turki yang kembali memberikan kepercayaan kepadanya untuk mempimpin Turki.

BERITA TERKAIT:
Polisi Sebut Tujuh Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Sempat Ajukan Grasi
Dampingi Kunjungan Presiden, Bupati Yuni Pastikan Proyek APBN untuk Sragen Sesuai Jadwal
Presiden RI Dijadwalkan Lakukan Kunjungan Kerja ke Klaten Hari Ini
Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Presiden RI: Berkurban Ekspresi Syukur atas Berkah Allah SWT
Presiden Salurkan Hewan Kurban di Salah Satu Ponpes Boyolali

"Saya berterima kasih kepada setiap anggota bangsa kita karena telah mempercayakan saya dengan tanggung jawab untuk memerintah negara ini sekali lagi selama lima tahun mendatang,” ungkap Erdogan tulis VOA, Senin (29/5/2023).

"Saya ingin berterima kasih kepada semua warga negara kami yang menunjukkan keinginan mereka untuk masa depan, baik untuk diri mereka sendiri maupun anak-anak mereka, dengan memberikan suara mereka dalam pemilu," sambungnya.

"Berdasarkan hasil sementara, telah ditentukan bahwa Recep Tayyip Erdogan terpilih sebagai Presiden," ujar Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi, Ahmet Yener seperti dikutip AFP dari kantor berita negara Anadolu.

Dalam pemungutan suara putaran kedua, Erdogan unggul tipis atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu dengan perolehan 52 persen suara. Sementara pesaingnya hanya meraup 48 persen suara.

***

tags: #presiden #turki #erdogan #terpilih

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI