Banyak Copet di Grebeg Besar, Cek Faktanya 

"Laporan terkait dengan kejadian pencurian dengan merobek tas memang ada tapi jumlahnya nggak begitu signifikan," kata AKP Winardi,

Senin, 03 Juli 2023 | 18:50 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Demak - Beredar di media sosial mengenai banyaknya copet yang beraksi dalam acara tahunan Grebeg Besar Demak. Hal ini pun membuat warganet geger. 

Dalam akun Instagram @infokejadianDemak seseorang memposting foto tas dan dompet robek dan dinarasikan sebagai milik korban pencopetan

BERITA TERKAIT:
Nekat Beraksi di Kawasan Monas, Dua Penjambret Dibekuk Polisi
Dua Pencopet Dibekuk Polisi saat Beraksi di Kerumunan Pendukung Prabowo-Gibran
Copet Asal Pati Tertangkap Basah saat Beraksi di Acara Kirab Gunungan di Grobogan, Begini Kronologinya
Banyak Copet di Grebeg Besar, Cek Faktanya 
Viral Nenek Ini Tertawa Ngakak Padahal Habis Kecopetan, Netizen: Pas Buka Copetnya Pilih Resign 

"Awas lur banyak kejadian di Grebeg Besar pencurian lewat tas dirobek. Sudah banyak korban," tulis dalam postingan tersebut. 

Menanggapi hal ini Kasat Reskrim Polres Demak, AKP Winardi, mengakui bahwa pihaknya mendapat laporan mengenai aksi copet di keramaian itu. Hanya saja jumlah laporannya ternyata tidak banyak.

"Laporan terkait dengan kejadian pencurian dengan merobek tas memang ada tapi jumlahnya nggak begitu signifikan," kata AKP Winardi, Senin (3/7/2023).

Menurutnya, pasar malam tersebut sudah dibuka sejak awal Juni lalu. Rencananya acara itu akan ditutup 8 Juli ini.

"Hampir selesai ini, hanya 3 yang melaporkan (kecopetan)," kata Winardi menjelaskan.

Dia menyebut para pengunjung menjadi sasaran aksi pencopet di pintu masuk arena pasar malam. Para copet mengincar HP yang biasanya disimpan dalam tas.

"Rata-rata mereka di jalan utama masuk Tembiring. Kebanyakan HP (yang dicuri)," jelasnya.

Padahal, selama ini polisi sudah menerjunkan cukup banyak petugas untuk menjaga keamanan. Jumlah personel yang turun sekitar 100 hingga 200 petugas dengan menyesuaikan tingkat kepadatan pengunjung.

"Setiap malam sudah diterjunkan dari pihak Polres untuk pengamanan di Lapangan Tembiring. Jumlahnya fluktuatif, kalau hiburan malam skalanya besar, kemarin pada saat Deny Caknan dan Romansa itu sekitar 200 personel, kalau landai dari orkesnya itu sekitar 100," ujarnya.

***

tags: #copet #pencopetan #grebeg besar #demak #polres demak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI