Tanam 1.050 di Gunungpati Semarang, Polda Jateng: karena Wilayah Penyangga Air

“Bhakti sosial berupa penghijauan tidak hanya dilakukan di wilayah Semarang, bahkan nanti tanggal 23 Agustus kita juga akan melakukan kegiatan serupa

Jumat, 18 Agustus 2023 | 14:53 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - Polda Jateng menanam 1.050 pohon berbagai jenis di wilayah Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jumat (18/8/2023).

Ketua panitia penanaman pohon, Kombes Pol Yohanes Ragil Heru Susetyo menyatakan tujuan dari kegiatan ini dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI. Disamping itu juga wujud kepedulian Polri kepada masyarakat terkait penghijauan. 

BERITA TERKAIT:
Ikuti Upacara HUT Bhayangkara, Nana Sudjana Berharap Polri Semakin Profesional
Gus Yasin Hadir pada Upacara HUT Polri di Semarang, Pertanda Siap Maju Pilkada Jateng bareng Luthfi?
Ada HUT Bhayangkara, Arus Lalu Lintas di Jalan Pemuda Semarang Dialihkan
Wujudkan Ketahanan Pangan, Polda Jateng Gelar Bakti Sosial di Bergas Semarang
Judi Online Beromset Rp 15 Miliar Diungkap Polisi, Sembilan Tersangka Dilimpahkan Ke Kejari Kota Semarang 

“Bhakti sosial berupa penghijauan tidak hanya dilakukan di wilayah Semarang, bahkan nanti tanggal 23 Agustus kita juga akan melakukan kegiatan serupa yang diikuti oleh seluruh jajaran Polres di Indonesia,” kata Ragil. 

Menurutnya, Beberapa wilayah yang telah mengalami gangguan, berupa alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian dan permukiman yang tidak memperhatikan syarat-syarat konservasi tanah dan air. Secara hidrologis merupakan daerah resapan untuk wilayah tertentu akan dilakukan penghijauan.

“Alasan dipilihnya lokasi ini karena Wilayah Kecamatan Gunungpati merupakan Penyangga Air di Kota Semarang disamping itu untuk menggugah masyarakat bahwa penghijauan sangat penting dalam rangka kelestarian alam,” imbuhnya yang juga menjabat Karo SDM Polda Jateng.

Sementara itu Camat Gunungpati Sabar Trimulyono mengapresiasi jajaran kepolisian yang memilih lokasi kegiatan bhakti sosial.

“Terimakasih Kami sebagai Warga Kecamatan Gunungpati menjadi tempat Bhakti Sosial dari Polri,” Kata Sabar.

Sabar Trimulyono menambahkan Gunungpati sebagai tempat penyangga air dimana saat musim hujan sebagai Lahan konservasi terlebih Desa Jatirejo merupakan salah satu tempat Khusus sebagai lahan dimana sering diadakan kegiatan Pemerintah.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengajak masyarakat untuk ikut aktif dan peduli dengan lingkungan salah satunya dengan kegiatan penanaman pohon

“Kegiatan penanaman pohon dilakukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang hijau, mencegah terjadinya erosi yang dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir serta mengurangi polusi udara,” pungkasnya.

***

tags: #polda jateng #menanam #penanaman pohon #hut kemerdekaan ri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI