Selain Sosialisasi, DPR Minta UMKM Difasilitasi Workshop 

Menurutnya pelatihan bagi pelaku UMKM sangat dibutuhkan dibandingkan hanya sekadar sosialisasi seperti yang selama ini telah dilakukan Kemenkop UKM. 

Selasa, 05 September 2023 | 21:55 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Demi memajukan UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM diminta untuk memperbanyak workshop. Hal ini disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino. 

Menurutnya pelatihan bagi pelaku UMKM sangat dibutuhkan dibandingkan hanya sekadar sosialisasi seperti yang selama ini telah dilakukan Kemenkop UKM. 

BERITA TERKAIT:
Usai KKS-KKU, 655 Mahasiswa Unika Soegijapranata Gelar Expo UMKM Dampingan
Komunitas Belajar Bonsai Pamerkan Ratusan Bonsai di Boyolali
Genjot Ekspor, 20 UMKM Jateng Bakal Unjuk Gigi Pada 35 Konjen dan 18 Buyer di Bali
Gemerlap Expo di Java Mall, Upaya Pemkot Semarang Promosikan Produk UMKM
Kredit Sektor UMKM Terus Melambat Sejak Tiga Bulan Terakhir

"Selama ini kan kita banyak sosialisasi, rasanya, disamping sosialisasi ada hal yang sangat dibutuhkan oleh warga, yaitu workshop. Pelatihan-pelatihan yang sederhana untuk para pelaku UMKM," ujar Harris dalam Raker dengan Kemenkop UKM dan Kementerian Investasi di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (4/9).

Politikus dari Fraksi PDI-Perjuangan ini menjelaskan, adanya pelatihan-pelatihan sederhana dapat memicu UMKM baru sehingga berdampak dalam mengurangi angka pengangguran. 

Ia mengusulkan Kemenkop UKM untuk mengadakan pelatihan seperti pelatihan menjahit, kecantikan hingga pelatihan las.

"Dan ini seharusnya menjadi bagian dari Kementerian UMKM. Jadi  wujudnya workshop dan saya sangat mengharapkan bahwa ini bisa direalisasikan di luar sosialisasi yang selama ini dilaksanakan," harapnya.

Diketahui, dari pagu anggaran Kemenko UKM tahun 2024 sejumlah Rp1,4 triliun, sebanyak Rp1 triliun digunakan untuk program kewirausahaan, UMKM dan Koperasi. Sedangkan Rp 400 miliar sisanya digunakan untuk program dukungan manajemen Kemenkop UKM. 

Dari Anggaran tersebut, sebanyak Rp767 miliar digunakan untuk program prioritas nasional.

***

tags: #umkm #dpr ri #workshop #kementerian koperasi dan ukm

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI