Respon Keluhan Penumpukan Sampah, DLH Kota Semarang Siap Awasi Rutin di TPS

Warga mengeluhkan bau tak sedap dari TPS.

Senin, 02 Oktober 2023 | 21:57 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Merespon cepat keluhan masyarakat terkait penumpukan sampah di TPS (tempat pembuangan sampah) Warga RW 3, Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung melakukan pengangkutan. 

Menurut penuturan masyarakat setempat, penumpukan sampah terjadi akibat keterlambatan petugas pengangkut sampah dalam pengambilan sampah di TPS tersebut.

BERITA TERKAIT:
Malam Takbiran di Bandung Hasilkan 220 Ton Sampah 
Minggu Pagi, Kualitas Udara di DKI Jakarta Masuk Kategori Sedang
Respon Keluhan Penumpukan Sampah, DLH Kota Semarang Siap Awasi Rutin di TPS
Malam Tahun Baru, Ribuan Petugas Kebersihan Dikerahkan
Kantor Dinas LH DKI Jakarta Kemasukan Seekor Babi, Diduga Peliharaan Warga Lepas 

Menindaklanjuti keluhan itu, Kepala DLH Kota Semarang Bambang Suranggono berjanji akan melakukan evaluasi agar tidak ada lagi kejadian serupa. 

“Kami juga akan meningkatkan evaluasi dan kinerja driver pengangkut sampah dan memberikan teguran apabila tidak melaksanakan pengangkutan sesuai jadwal. Kami juga akan melakukan penjadwalan dan pengawasan secara rutin terhadap kondisi kebersihan dan pengangkutan di TPS,” kata Bambangx di Kantor DLH Kota Semarang, Senin (2/10).

Lebih lanjut, Bambang mengajak masyarakat Kota Semarang untuk bersama-sama mengawasi TPS RW masing-masing. Dengan begitu, dirinya berharap tidak ada lagi yang membuang sampah di TPS RW lain. Mengingat, kejadian overload sering kali terjadi akibat hal tersebut. Dengan adanya pengawasan dari masyarakat, kejadian penumpukan sampah hingga overload bisa terhindarkan.

“Kejadian overload sering terjadi karena sampah yang dibuang di TPS bertambah karena pembuangan sampah dari luar wilayah tersebut. Untuk itu, DLH Kota Semarang akan meningkatkan sosialisasi untuk meningkatkan pengawasan bersama agar tidak terjadi pembuangan liar yang berasal dari sumber sampah yang tidak diketahui,” ucapnya.

Di sisi lain, masyarakat RW 3 Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara juga mengeluhkan mengenai bau tidak sedap yang bersumber dari TPS tersebut. Merespon keluhan masyarakat yang masih berkaitan dengan penumpukan sampah di TPS, dirinya langsung memerintakan pihaknya untuk menangani bau tidak sedap akibat proses pembusukan. 

“Untuk mengurangi bau, kami akan melakukan penyemprotan ecoenzyme di TPS dan sekitar lokasi TPS,” terang dia.

***

tags: #dinas lingkungan hidup #tempat pembuangan sampah #kota semarang #semarang utara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI