Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan PP, SIK MSi saat diwawancarai wartawan. Foto : emhaka putra/kuasakata.com

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan PP, SIK MSi saat diwawancarai wartawan. Foto : emhaka putra/kuasakata.com

Polres Wonosobo Siapkan 1000 Personil Gabungan untuk Amankan Pemilu 2024

Pemilu di Wonosobo diharapkan berjalan aman.

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 12:05 WIB - Ragam
Penulis: Emhaka . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Wonosobo- Polres Wonosobo kembali menggelar apel pasukan Mantap Brata Candi di Alun-alun, Jum'at (20/10/2023). Apel gabungan ini dilakukan sebagai antisipasi penanganan konflik jelang Pemilu 2024 mendatang.

KaPolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi menegaskan jika apel gelar kali ini akan berjalan sepanjang 282 hari. Dengan pasukan yang akan diterjunkan dalam operasi brata candi ini sebanyak 1000 lebih personil.

BERITA TERKAIT:
Ikuti Upacara HUT Bhayangkara, Nana Sudjana Berharap Polri Semakin Profesional
Gus Yasin Hadir pada Upacara HUT Polri di Semarang, Pertanda Siap Maju Pilkada Jateng bareng Luthfi?
Ada HUT Bhayangkara, Arus Lalu Lintas di Jalan Pemuda Semarang Dialihkan
Wujudkan Ketahanan Pangan, Polda Jateng Gelar Bakti Sosial di Bergas Semarang
Judi Online Beromset Rp 15 Miliar Diungkap Polisi, Sembilan Tersangka Dilimpahkan Ke Kejari Kota Semarang 

"Khusus Polres Wonosobo kita siapkan pasukan hingga 600 personil, ditambah Kodim sebanyak 400 personil, Satpol PP, hingga BPBD. Personil gabungan tersebut disiapkan sebelum, saat pelaksanaan hingga paska pemilu," katanya.

Selain itu, lanjutnya, juga ada tambahan dari satuan Brimob dari Polda Jateng yang siap diturunkan saat dibutuhkan. Namun pihaknya berharap agar pasukan tersebut tidak sampai diterjunkan ke Wonosobo.

"Karena mereka adalah pasukan yang akan diturunkan saat kondisi pemilu di sini sangat rawan. Namun kami harapkan pesta demokrasi di Wonosobo berjalan aman, lancar dan damai," ujarnya.

Siap Amankan

Dari ribuan personil yang telah disiapkan itu, menurut Kapolres, akan digunakan untuk mengamankan berbagai wilayah. Mulai dari penyelenggara, pemerintah maupun penyebaran informasi.

"Secara garis besar tugas mereka akan banyak didistribusikan untuk tiga hal besar itu. Melalui penyiapan personil sejak dini, akan ada pemetaan daerah rawan konflik politik dan dilakukan penanganan yang lebih tepat," lanjutnya.

Selain itu, apel gabungan tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat Wonosobo bahwa saat ini pemerintah bersama Polri, TNI siap mengamankan jalannya pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 nanti. 

"Maka kita akan melakukan Cooling System. Mendinginkan masyarakat. Karena pemilu ini kan ajang konflik yang dilegalkan. Maka yang dalam tahapan ini yang paling penting adalah persatuan," katanya.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyebut jika proses pemilu ini pihaknya ingin agar Wonosobo tetap bisa berjalan dengan aman dan damai. Dirinya selalu menekankan agar pemilu bisa berlangsung dengan riang gembira. 

"Ini pesta demokrasi. Maka harus dilakukan secara riang gembera. Jika ada sedikit gesekan dan konflik itu fajar karena merupakan kompetisi politik. Yang jelas semua pihak harus saling menjaga agar pemilu berjalan sukses tanpa ekses," tegasnya.

***

tags: #polda jateng #polres wonosobo #pemilu 2024 #bupati wonosobo afif nurhidayat #operasi mantap brata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI