Bandara Semarang Selesaikan Proyek PLTS, Kapasitas 100 Kilowatt-Peak

"Kami memiliki komitmen untuk mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan.

Selasa, 05 Desember 2023 | 17:44 WIB - Ekonomi
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah selesai merampungkan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 

Rincian PLTSnya yakni sebanyak 186 unit solar PV modul berkapasitas 100 Kilowatt-Peak (KWP) yang dipasang di atap kanopi area parkir Gedung Administrasi dan atap Gedung Main Power House (MPH). 

BERITA TERKAIT:
Libur Nataru, Bandara Ahmad Yani Semarang Terbangkan 91 Ribu Penumpang
16 Hari, Bandara Semarang Siaga Angkutan Nataru
Bandara Semarang Selesaikan Proyek PLTS, Kapasitas 100 Kilowatt-Peak
Bandara Ahmad Yani Hadirkan Gerai UMKM Seni dan Rasa Semarang
Gunakan Pesawat Lion Air, Bandara Semarang Kini Layani Penerbangan Jamaah Umroh ke Madinah

PLTS ini mampu menyuplai kebutuhan listrik sejumlah gedung yang ada di area bandara, yakni untuk operasional perkantoran Gedung Administrasi, Gedung Main Power House (MPH), ARFF (Airport Rescue&Fire Fighting), Gedung Terpadu, dan Gedung Airport Convention Center.

"Kami memiliki komitmen untuk mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan. Pembangunan PLTS di bandara ini merupakan langkah konkret dalam penerapan konsep Eco Airport, pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, mengurangi emisi karbon dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan," kata General Manager  Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12). 

Pembangunan PLTS ini semakin memperkuat penerapan konsep Eco Airport di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, dimana dalam operasionalnya, bandara ini didukung pula dengan berbagai perangkat utilitas yang mendukung konsep ramah lingkungan seperti lampu LED, penggunaan fitur sleep mode pada perangkat lift, elevator, dan travelator, serta penggunaan kaca bangunan yang mampu mengoptimalkan efisiensi penggunaan pendingin ruangan di dalam area terminal penumpang.

Sejalan dengan Konsep Eco Airport, selain PLTS, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga melakukan aksi penanaman 1000 pohon bersama komunitas dan seluruh stakeholder Bandara dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2023, pada hari Jumat, 24 November 2023 yang lalu.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga merupakan salah satu bandara Angkasa Pura I yang berhasil meraih sertifikat Greenship Building Kategori "Gold" dari Green Building Council Indonesia (GBCI) serta merupakan bandara kedua di Indonesia yang berhasil meraih sertifikasi penerapan prinsip lingkungan tersebut.

***

tags: #pt angkasa pura i #bandara internasional jenderal ahmad yani #pembangkit listrik tenaga surya #plts

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI