Libur Nataru, Basarnas Yogyakarta Siagakan 60 Personil

Saat ini obyek wisata Pantai Gunungkidul masih menjadi favorit para wisatawan dari Yogya maupun dari luar kota.

Senin, 18 Desember 2023 | 23:57 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Bantul- Pelaksanaan Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas Masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan maupun wisata. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta Kamal Riswandi, SE, yang membacakan sambutan Kepala Basarnas dalam Apel Pembukaan Siaga Nataru di Lapangan Kantor Basarnas Yogyakarta dalam rangka meningkatkan Keseiapsiagaan Basarnas untuk mendukung pelaksanaan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (NATARU).

Basarnas siap melaksanakan Siaga SAR Khusus Nataru dan membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik dengan menempatkan personil dan alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan kecelakaan/bencana di Pelabuhan, ruas jalan tol, Bandara, Terminal Bus dan tempat wisata.

BERITA TERKAIT:
Jokowi Resmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere
Nataru, Polda Jateng Klaim Angka Kecelakaan Turun 31 Persen Dibanding Periode Lalu
Libur Nataru Usai, Jasa Marga Catat Lebih Dari 675 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek
Libur Nataru, Bandara Ahmad Yani Semarang Terbangkan 91 Ribu Penumpang
Pantau Situasi Nataru, Pamatwil Polda Jateng Cek Pospam Lilin Candi 2023 Polres Wonogiri

"Pada Bulan Desember 2023, kita menghadapi beberapa potensi ancaman bencana dan kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan warga Masyarakat. Ancaman tersebut antara lain berupa bencana Hidrometeorologi seperti Banjir bandang, gelombang tinggi, longsor dan angin puting beliung. Untuk bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami dan erupsi gunung api. Sedangkan kecelakaan transportasi seperti kecelakaan Kapal, Pesawat Udara dan jalan raya/jalan tol dan Kondisi Membahayakan manusia seperti kecelakaan wisatawan," jelas Kamal.

"Berkaca pada hal diatas maka kesiapsiagaan Basarnas dalam Siaga SAR Khusus Nataru harus selalu di tingkatkan dari tahun ke tahun, baik Koordinasi, Kesiapan Personil, serta peralatan dan ketrampilan untuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap (Response Time) dan waktu tempuh (Deployment Time) jika terjadi kecelakaan dan bencana serta Kondisi membahayakan manusia," sambungnya.

Di samping itu, ujar Kamal, pihaknya juga menempatkan petugas siaga di posko induk Kantor Basarnas Yogyakarta yang berada di Jalan Yogya- Wates KM 11,5, Sedayu, Kabupaten Bantul.

"Posko induk ini sebagai petugas pengendali semua pergerakan personil yang melaksanakan Siaga SAR Khusus Nataru," imbuh Kamal Riswandi.

Ia menambahkan Kantor Basarnas Yogyakarta juga membuka Posko Tim SAR Gabungan khusus bertempat di Perempatan Pelemgurih Gamping Kabupaten Sleman. "Untuk Tim Patroli Mobile Kantor Basarnas Yogyakarta akan melaksanakan patroli di wilayah jalan Magelang hingga perbatasan Jateng- DIY, Bandara AdiSutjipto, Stasiun Tugu dan keraton serta wilayah Kota Yogyakarta," ujarnya.

Untuk Pos Gabungan Siaga SAR Khusus Parangtritis, Kantor Basarnas Yogyakarta akan bersinergi dengan Ditpolairud Polda DIY serta SAR Satlinmas Rescue Istimewa wilayah 3. "Tim ini akan memberikan imbauan kepada wisatawan untuk lebih berhati-hati Ketika bermain air di Pantai. Tim Siaga Mobile Pos Basarnas Gunungkidul akan melaksanakan patroli Mobile di wilayah Gunungkidul termasuk obyek wisata Pantai dan Prambanan perbatasan Jateng- DIY," beber Kamal.

Untuk Tim Patroli Mobile Unit Siaga Kulonprogo, tandas Kamal, akan berpatroli Mobile di sepanjang jalan Wates- Purworejo, Bandara YIA dan jalan Raya Kalibawang- Hingga Perbatasan Magelang Jawa Tengah. "Untuk Patroli Obyek wisata di wilayah Pantai Kulonprogo dan wilayah obyek wisata kulonprogo bagian Utara," imbuhnya.

Untuk saat ini obyek wisata Pantai Gunungkidul masih menjadi favorit para wisatawan dari Yogya maupun dari luar kota, maka dari Itu Kantor Basarnas Yogyakarta juga mensiagakan 1 Tim Jetsky yang akan Stanby di Pantai Wediombo dan akan berpatroli hingga perairan Indrayanti. 

Siaga SAR Khusus Nataru di laksanakan selama 22 hari dimulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2023. "Kami perkirakan puncak arus Mudik ke 1 pada tanggal 22-23 Desember 2023,Puncak Arus Mudik ke 2 pada tanggal 26-27 Desember 2023.Untuk Perkiraan Arus Balik ke 1 di perkirakan tanggal 29-30 Desember 2023. Personil Kantor Basarnas Yogyakarta yang di siagakan seluruhnya berjumlah 60 Personil Rescuer/Penolong," tandas Kamal.

"Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan kepada semua petugas Siaga SAR Khusus ini agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan Potensi SAR terkait, menjaga nama baik Organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara professional, sinergi, militant dan Santun. Serta yang paling utama adalah Faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan Masyarakat. Imbauan dari Kami untuk para pemudik tetap berhati-hati dalam berkendaraan, taati rambu-rambu lalu lintas, sedangkan imbauan untuk wisatawan yang akan berwisata ke Pantai di wilayah Yogyakarta untuk mentaati rambu-rambu larangan bermian di laut serta mentaati imbauan-imbauan petugas SAR yang berjaga di sepanjang Pantai di DIY," pungkas Kamal Riswandi.

***

tags: #natal dan tahun baru #basarnas yogyakarta #tempat wisata #tim sar gabungan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI