Banjir Grobogan, Pemprov Jateng Salurkan Bantaun ke Korban Banjir dan Tanggul Jebol Mulai Ditangani

Bantuan dari berbagai pihak sudah mulai datang.

Selasa, 06 Februari 2024 | 21:03 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Grobogan- Tanggul jebol yang mengakibatkan banjir di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan mulai ditangani sementara. Hal itu dingkapkan Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Tengah Nana. Sudjana disela meninjau wilayah daerah banjir di Kecamatan Gubug, Grobogan, Selasa (6/2/2024).

"Dengan surutnya (banjir) ini, untuk menutup air yang masuk ke tanggul yang jebol,  menggunakan sandbag. Ini ditutup dengan pasir (perbaikan darurat) untuk menutup air,” kata Nana Sudjana.

BERITA TERKAIT:
Pemprov Jateng Perkuat Sinergi dengan BNPT Terkait Bantuan Penyintas Tindak Terorisme
Penyelenggaraan AFF U-16 Sukses, Nana Sudjana: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event di Jateng
Lumat Vietnam 5 - 0, Pj Gubernur Jateng Apresiasi Talenta Muda Timnas Indonesia
Kunker di Dua Perusahaan di Jateng , Nana Sudjana Cek Kondisi Ketenagakerjaan dan Perkembangan Usaha
21 Tahun Jalin Hubungan, Pemprov Jateng – Fujian Tingkatkan Kerjasama Diberbagai Bidang

Ia menambahkan untuk penanganan jangka panjang, pihaknya akan memetakan tanggul-tanggul yang rawan jebol, lalu dilakukan perbaikan. Menurut Nana, penanganan Sungai Tuntang tidak hanya untuk satu kabupaten, tetapi beberapa kabupaten, karena merupakan satu rangkaian. 

"(Tanggul Sungai Tuntang) merupakan rangkaian beberapa kabupaten, mulai dari Rawa Pening, kemudian sampai ke Grobogan,bahkan berdampak pula ke daerah Demak. Makanya kita akan telusuri, dan kita pelajari lagi," ungkapnya.

Penanganan banjir akibat meluapnya Sungai Tuntang, tandas Nana, perlu kebersamaan antar pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.  

Nana menyampaikan, meluapnya Sungai Tuntang menyebabkan terendamnya 2.662 rumah warga yang tersebar di 32 desa di 12 kecamatan. banjir juga merendam 6 unit fasilitas pendidikan, sehingga siswa diliburkan sementara. Bahkan, lahan pertanian yang terendam seluas 58 hektar.

Nana menginformasikan, berbagai bantuan sudah mulai tersalurkan ke korban yang terdampak banjir di Kabupaten Grobogan. Mulai dari makanan anak, makanan siap saji, peralatan evakuasi (tenda, selimut, kasur, penjernih air), mobil cabin dan perahu.

"Saat ini bantuan baik dari Kemensos, pemprov, dari Pemkab Grobogan, sudah mulai datang. Dan tadi dapur umum sudah kita tengok. Sudah mulai memasak, semuanya akan diberikan kepada masyarakat-masyarakat yang terdampak," jelasnya. 

***

tags: #nana sudjana #kabupaten grobogan #banjir #sungai tuntang #kecamatan gubug

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI