Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Berdarah Aceh yang Berpisah dengan Ayahnya karena Tsunami

“Ayahku yang berasal dari Indonesia. Dia full berstatus sebagai warga negara Indonesia, karena dia lahir di sana juga.

Selasa, 04 Juni 2024 | 14:55 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Timnas Indonesia akan kedatangan pemain naturalisasi baru yaitu Calvin Verdonk. Kabar ini langsung disambut baik karena dapat menambah kekuatan Skuad Garuda asuhan Shin Tae-young.  

Pemain yang saat ini berusia 26 tahun itu, menjelaskan dirinya memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Tanjong Meulaboh,Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat.

BERITA TERKAIT:
Hari Ini, Ribuan Muslim di Nagan Raya Aceh Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah
Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Berdarah Aceh yang Berpisah dengan Ayahnya karena Tsunami
Sebanyak 27 Imigran Rohingya Melarikan Diri dari Kamp Penampungan
Satu Orang Tewas Tertimpa Pohon Tumbang akibat Terjangan Badai
Jamaah Tareqat Syattariah di Aceh Hari Ini Gelar Salat 

Sedangkan kakek dan nenek dari keluarga ayahnya berasal dari Meulaboh. Sementara itu, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu mengakui bahwa ibu kandungnya memang warga negara asli Belanda.

“Ayahku yang berasal dari Indonesia. Dia full berstatus sebagai warga negara Indonesia, karena dia lahir di sana juga. Oma dan opa dari keluarga ayahku lahir di sana juga. Sedangkan ibuku berasal dari Belanda. Mereka berasal dari Meulaboh. Saya tidak begitu yakin bagaimana cara mengucapkannya,” jelas Calvin Verdonk.

Selanjutnya beredar kabar, pemain kelahiran 26 April 1997 itu rela menjadi warga negara Indonesia (WNI) demi ayahnya yang hilang kontak sejak bencana tsunami Aceh 2004 silam. Kini dirinya sedang mengurus proses naturalisasi untuk membela timnas Indonesia. Bahkan pemain NEC Nijmegen itu sudah ikut dalam latihan skuad Garuda. Namun, ia masih menunggu waktu untuk membela tim Merah Putih. Menariknya di tengah proses naturalisasi Verdonk, muncul kabar bahwa dirinya nekat untuk main di timnas Indonesia demi mencari ayahnya.

Ternyata perihal Calvin Verdonk sebagai keturunan Indonesia sudah lama diungkap pada 25 Maret 2014 silam oleh situs indisch4ever.nu.

"(Calvin Verdonk, Bakat U17 keturunan Indonesia, menandatangani kontrak," tulis situs itu. Lalu, asal-usul keturunan Indonesia baru terungkap belakangan, yakni dari postingan akun Instagram Indonesian Foodball Talent pada 27 November 2020.

"Di media lain nggak dijelaskan dari mana asal usul darah Indonesia nya. Yang pasti kepada Footballtalentasia mengakui bahwa darah Indonesia didapat dari ayahnya yang orang Aceh," ujar akun tersebut. Hal itu disampaikan Indonesian Foodball Talent untuk menjawab banyaknya pertanyaan nitizen tentang asal usul darah Indonesia Calvin Verdonk.

Calvin Verdonk sudah lama sekali tidak berkomunikasi dengan ayahnya. Bahkan, ia pun juga belum pernah mengunjungi tanah kelahiran ayahnya. 

Meskipun begitu, ia memiliki empat orang saudara yaitu Marvin, Lesley, Roland, Dennis dan Darryl.  Nama Darryl juga cukup terkenal karena merupakan atlet kickboxing Belanda. Tahun 2019 lalu, Darryl ikut tampil dalam ajang kick boxing bernama Enfusion, salah satu kompetisi kick booxing profesional yang cukup besar dan tersohor di Belanda. Darryl Verdonk juga mendirikan Verdonk Personal Training dimana dia sebagai pelatih.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #aceh #naturalisasi #calvin verdonk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI