Hadapi Filipina, Calvin Verdonk Pastikan Debutnya Bersama Timnas Indonesia 

Dengan hadirnya Calvin Verdonk sebagai rekrutan anyar Timnas Indonesia, sehingga dapat dipastikan bahwa semua formasi Skuad Garuda nyaris disi oleh pemain Eropa.  

Selasa, 11 Juni 2024 | 12:55 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Filipina pada laga terakhir putaran kedua Grub F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam laga tersebut, Calvin Verdonk dipastikan akan tampil di pertandingan debut pertamanya bersama Timnas Indonesia

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji, menjelaskan bahwa, Calvin Verdonk dipastikan dapat tampil di laga Timnas Indonesia melawan Filipina. Pertandingan antara Timnas Indonesia Vs Filipina ini bakal bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Jelang menghadapi laga krusial ini, pelatih Shin Tae-yong dipastikan mendapatkan amunisi baru. 

BERITA TERKAIT:
Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat Tajam Usai Kalahkan Filipina 
Trending di X, Anang Hermansyah Disoraki Suporter Usai Laga Timnas Indonesia vs Filipina
Presiden RI Optimis Timnas Indonesia menang lawan Filipina
Hadapi Filipina, Calvin Verdonk Pastikan Debutnya Bersama Timnas Indonesia 
Prediksi Skor Pertandingan Indonesia Lawan Filipina

Dengan hadirnya Calvin Verdonk sebagai rekrutan anyar Timnas Indonesia, sehingga dapat dipastikan bahwa semua formasi Skuad Garuda nyaris disi oleh pemain Eropa.  

PSSI memastikan proses perpindahan asosiasi Calvin Verdonk dari KNVB sudah selesai. Mereka juga memastikan bahwa perpindahan federasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari FIFA. Surat persetujuan FIFA ini bahkan sudah dikirim ke AFC pada Rabu (5/6/2024). Dengan begitu, pemain yang saat ini membela klub Liga Belanda, NEC Nijmegen, tersebut dipastikan bisa bermain melawan Filipina

Proses naturalisasi Calvin Verdonk sebenarnya memang dikebut oleh PSSI. Dari proses di DPR RI hingga menjalani sumpah menjadi Warga Nergara Indonesia (WNI) tak membutuhkan waktu lama. Setelah menjalani proses panjang itu, akhirnya pemain berusia 27 tahun tersebut bisa menambah kekuatan Tim Merah Putih. Disampaikan Sumardji bahwa Calvin Verdonk bakal bisa membela Timnas Indonesia melawan Filipina. Sumardji bahkan mengatakan Verdonk akan diberi kesempatan bermain nantinya.

“Calvin sudah beres semuanya. Dia besok Insyaallah pasti akan diberi kesempatan,"ungkapnya.

Sumardji dengan percaya diri mengatakan bahwa mantan pemain FC Twente tersebut bakal diberi kesempatan bermain. Dengan begitu, kemungkinan besar pemain keturunan Aceh ini bakal bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Verdonk sendiri sebenarnya sudah menjalani latihan bersama Timnas Indonesia pada 31 Mei 2024. Dia sudah berlatih kendati proses naturalisasi baru selesai dan resmi menjadi WNI pada Rabu (5/6/2024).

Namun, dia sudah bergabung bersama Tim Merah Putih sejak akhir bulan lalu. Hal ini karena Shin Tae-yong ingin melihat kondisi Verdonk dengan harapan dia langsung siap saat dipastikan bisa bermain bersama Timnas Indonesia. Oleh karena itu, bukan tak mungkin Shin Tae-yong memberikan kesempatan debut buat Calvin Verdonk ketika melawan Filipina nanti. Apalagi, dia telah menjalani persiapan di bawah kepeminpinan Shin Tae-yong selama lebih dari 10 hari. Adanya Calvin Verdonk ini bisa menjadi ancaman tersendiri buat pemain berposisi bek kiri Skuad Garuda yakni Shayne Pattynama dan Pratama Arhan. Namun, keduanya mengaku siap bersaing dengan Verdonk untuk mendapatkan kepercayaan dari Shin nantinya.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #timnas indonesia #calvin verdonk #filipina #fifa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI