Harga Minyak Turun, Jack Ma Jadi Orang Terkaya di Asia

Mukesh kekayaannya di geser Jack Ma akibat pergerakan harga saham global yang fluktuatif dan runtuhnya harga minyak.

Selasa, 10 Maret 2020 | 13:05 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Singapura - Konglomerat perusahaan energi India asal India Mukesh Ambani yang sebelumnya dinobatkan sebagai orang terkaya di Benua Asia, posisinya sebagai orang terkaya di Asia tersebut untuk sementara digeser oleh Jack Ma. Taipan pemilik dan pendiri Alibaba.

Mukesh kekayaannya di geser Jack Ma akibat pergerakan harga saham global yang fluktuatif dan runtuhnya harga minyak.

BERITA TERKAIT:
Sepak Terjang Rafael Alun: Sekali Palak Bisa Raup Rp2 Miliar, Hanya Terima Cash No Transfer!
Ramai Pejabatnya Pamer Harta, Bupati Merani Pernah Sebut Kemenkeu Isinya Iblis-Setan 
Jepit Rambutnya Hampir Setara UMR Semarang! Ini Sosok Atasya Yasmine, Anak Kepala Bea Cukai Makassar yang Doyan Hidup Glamor
Rafael Alun Dipanggil KPK 1 Maret Nanti untuk Klarifikasi 
Ini Jawaban Ari Kuncoro Usai BEM UI Pertanyakan Kekayaannya Naik Rp35 Miliar 

Menurut laporan scmp.com Ambani kehilangan US$ 5,8 miliar akibat ketakutan pasar karena penyebaran corona. Sedangkan saat ini Jack Ma kantongi Kekayaan US$ 44,5 miliar atau lebih banyak US$ 2,6 miliar dari Ambani.

Selepas Arab Saudi mendiscount harga minyak sampai 30%, membuat harga minyak mentah merosot tajam dalam 29 tahun terakhir karena perang antara Arab Saudi dan Rusia.

Selain itu perekonomian dunia juga melambat akibat virus Corona. 

Tidak hanya perusahaan Mukesh saja yang terkena imbas ekonomi global ini, dilaporkan sejumlah bisnis Alibaba juga terganggu akibat virus Corona. namun bisnis Alibaba masih tertolong dengan permintaan untuk layanan komputasi awan dan aplikasi mobile. 

Mukesh Ambani dilaporkan akan melakukan pemotongan utang grup menjadi nol dari total sebesar US$ 21 miliar pada Maret ini.

Sumber Kekayaan Mukesh ini berasal dari Reliance Industri miliknya. Reliance sendiri pertama kali didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil.

Sekarang Reliance industri miliknya telah membawahi berbagai anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti petrokimia, telekomunikasi, hingga ritel, Mukesh tercatat menjadi orang super kaya yang tak terkalahkan di India selama 12 tahun.

***

tags: #kekayaan #serba serbi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI