SNMPTN 2021 Resmi Dibuka! Ini Cara Daftarnya

Pada tanggal 22 Maret 2021, hasil SNMPTN 2021 secara resmi akan diumumkan oleh LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Senin, 15 Februari 2021 | 23:35 WIB - Didaktika
Penulis: - . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Kabar gembira untuk siswa-siswi kelas 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia, terutama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas negeri. Karena tepat pada Senin 15 Februari 2021 ini, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, resmi dibuka.

Pengumuman tersebut secara resmi disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih. "Pendaftaran SNMPTN 2021 resmi kami buka mulai tanggal 15 Februari 2021 ini, hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," ujarnya.

BERITA TERKAIT:
Buruan Daftar! Unnes Siapkan 10.370 Kuota dalam PMB 2022
Doa Agar Lulus SNMPTN, Dapat Dibaca Sebelum Pengumuman
32 Link Resmi Cek Hasil Kelulusan SNMPTN 2022
Segera Diumumkan, Ini Cara Cek Hasil Kelulusan SNMPTN 2022
Pendaftar SNMPTN Unnes 2022 Capai 42 Ribu, Rektor: Ini Bukti Kepercayaan Masyarakat ke Kami

Pada SNMPTN tahun 2021 ini, ada 86 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Daftar Perguruan Tinggi Negeri tersebut juga baru bisa dilihat apabila siswa-siswi telah mendaftar.

Siswa-siswi dapat melakukan pendaftaran melalui portal LTMPT https://portal.LTMPT.ac.id atau melalui laman https://SNMPTN.LTMPT.ac.id. Adapun tujuh tahapan dalam pendaftaran SNMPTN yang wajib diketahui.

1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email pribadi dan password yang didaftarkan.
2. Siswa diminta untuk mengisi Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman "Profil".
3. Selanjutnya, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisi pilihan prodi yang akan dipilih pada halaman "Pilihan".
4. Jika prodi yang dipilih mensyaratkan pengisian Portofolio, siswa wajib mengisinya. Namun jika tidak ada keterangan dari prodi, siswa tak perlu mengisi bagian "Portofolio" ini.
5. Setelah itu, siswa dapat mengisi "Prestasi" pada halaman yang telah disediakan. Hanya diisi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan dikolomnya. Halaman ini juga sifatnya tidak wajib.
6. Siswa diminta untuk melakukan "Finalisasi" pada halaman yang juga telah disediakan. Pastikan semua data sudah diisi dengan baik dan benar. Karena jika ada kekeliruan pada tahapan ini, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun itu.
7. Pada tahapan terakhir, siswa sudah dapat mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Setiap tahapan akan dijelaskan dengan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini.

Para siswa-siswi yang telah mendaftar akan diminta untuk menunggu dalam beberapa hari. Pada tanggal 22 Maret 2021, hasil SNMPTN 2021 secara resmi akan diumumkan oleh LTMPT di https://pengumuman-SNMPTN.LTMPT.ac.id.

Bagi kalian yang belum beruntung saat pengumuman SNMPTN 2021 ini nanti resmi diterbitkan, tidak usah khawatir. Karena selain SNMPTN, pihak LTMPT juga memberi akses lain melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM) yang biasa diselenggarakan oleh masing-masing universitas. Jadi, selamat mencoba ya.

8Ditulis oleh Carolus Nova, mahasiswa magang Unika Soegijapranata Semarang.

***

tags: #snmptn #ltmpt #sma #smk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI