Ilustrasi vaksinasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi vaksinasi. Foto: Istimewa.

120 Kepala Sekolah di Klaten Jalani Vaksinasi Saat Puasa Ramadan

Semua peserta yang telah divaksin tidak ada kejadian KIPI.

Kamis, 15 April 2021 | 10:45 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Klaten - Program vaksinasi tahap kedua di Klaten menyasar sebanyak 120 kepala sekolah dasar (SD) dari Kecamatan Delanggu, Kecamatan Wonosari, Kecamatan Ceper, dan Kecamatan Juwiring. Pelaksanaan vaksinasi itu berlangsung di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Rabu (14/4/2021).

Ketua Tim vaksinasi Covid-19 RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dr Deni Ismail menerangkan bahwa vaksiansi tahap dua bertujuan untuk mem-booster, agar jumlah antibodi yang sudah terbentuk menjadi optimal.

BERITA TERKAIT:
Smartfren Catat Peningkatan Akses Internet Lebih dari 28% Selama Ramadan dan Lebaran 2024 
Kemenkumham Jateng Gelar Penguatan Integritas dan Halal Bihalal
Qatar Umumkan Idul Fitri Rabu Besok 10 April 2024 
Dompet Dhuafa Resmikan Masjid Zuiva Attaqi Untuk Kemaslahatan Umat
Dompet Dhuafa Jawa Tengah Salurkan Al Quran Hingga ke Desa Tertinggi di Gunung Merbabu

vaksinasi pertama bertujuan agar sistem imun tubuh mengenal virus, kemudian terbentuk antibodi. vaksinasi kedua bertujuan untuk mem-booster agar jumlah antibodi yang sudah terbentuk menjadi optimal,” tuturnya, Rabu (14/4).

Ismail mengungkap bahwa pihaknya menargetkan jumlah penerima vaksin yang sama dengan  tahap sebelumnya. "Target total penerima vaksin Covid-19 ini sama dengan vaksin pertama lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini sama dengan alur vaksinasi sebelumnya. Yakni dimulai dari pendataan peserta, lalu peserta menuju meja 1 untuk skrining pertama. Dilanjutkan ke meja 2 untuk skrining kedua.

Ismail menjelaskan, peserta akan diarahkan ke meja 3 untuk vaksinasi setelah lolos tahap skrining. Terakhir, peserta akan diarahkan ke meja 4 untuk dilaksanakan observasi selama 30 menit. Setelah itu, dipanggil dan mendapatkan surat keterangan telah divaksin Covid-19 tahap 1.

Ia mengklaim bahwa semua peserta yang telah divaksin tidak ada kejadian KIPI. Selain itu, ia juga mengaku bahwa vaksinasi tahap dua berjalan lancar.

***

tags: #ramadan #klaten #kepala sekolah #vaksinasi #puasa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI