Ilustrasi pembelajaran tatap muka, Foto: Istimewa

Ilustrasi pembelajaran tatap muka, Foto: Istimewa

Tak Semua Ortu di DIY Izinkan Anaknya Sekolah Tatap Muka

Persyaratan sekolah tatap muka harus ada izin dari orang tua.

Senin, 19 April 2021 | 13:47 WIB - Didaktika
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Yogyakarta - SMA-SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai hari ini menggelar sekolah tatap muka. Namun demikian, belum semua orang tua siswa mengizinkan anaknya mengikuti sekolah tatap muka.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menyebut sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka di DIY hari ini yakni SMAN 1 Pajangan, Bantul; SMKN 1 Bantul; SMAN 1 Gamping, Sleman; SMKN 1 Depok, Sleman; SMAN 2 Playen, Gunungkidul; SMKN 1 Wonosari, Gunungkidul; SMAN 1 Sentolo, Kulon Progo; SMKN 2 Pengasih, Kulon Progo; dan SMKN 1 Kota Yogyakarta.

BERITA TERKAIT:
Luhut Tegaskan Pemerintah Tak Berencana Hentikan Sekolah Tatap Muka
Gubernur Lampung Tantang Nadiem Gegara Sekolah Tatap Muka
Nadiem: Vaksinasi Bukan Kriteria Sekolah Tatap Muka
Nadiem: Sekolah Tatap Muka Terbatas Ikuti Situasi PPKM Mikro
Terkait Sekolah Tatap Muka, Ini Arahan Jokowi

Di kelas X di SMKN 1 Yogyakarta, misalnya, dari 208 siswa ada 7 persen orang tua tidak mengizinkan anaknya ikut sekolah tatap muka. "Dari Google form yang kita sebar itu, ada 7 persen yang tidak diizinkan orang tua karena tetangganya positif dan dalam masa isolasi," ujar Kepala SMKN 1 Kota Yogyakarta Sudaryono, Senin (19/4).

Lebih lanjut, ia menyebut persyaratan sekolah tatap muka harus ada izin dari orang tua. Jadi, jika orang tua tak mengizinkan anaknya untuk mengikuti sekolah tatap muka, maka sekolah akan memperlakukan pembelajaran daring. "Ya seperti kemarin (pembelajaran daring). Nanti guru akan memberikan tugas-tugas ke siswa," tukasnya.

Diketahui pelaksanaan sekolah tatap muka di SMKN 1 Yogyakarta dilakukan dengan memangkas waktu di dalam kelas. Setiap hari hanya ada dua mata pelajaran. Setiap mata pelajaran berlangsung selama 90 menit.

"Tadi masuk jam 07.15 WIB, karena bulan Ramadhan ada mata pendalaman agama yang muslim tadarus yang Kristen dan Katolik ada sendiri. Dilanjutkan mata pelajaran masing-masing sampai pukul 10.15 WIB," jelasnya.

Di SMKN 1 Kota Yogyakarta semua siswa kelas X masuk dibagi dua tahap. Pertama masuk pukul 07.15 WIB dan 08.15 WIB untuk menerapkan 50 persen dari daya tampung siswa.

***

tags: #sekolah tatap muka #yogyakarta #sma #smk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI