Pertokoan yang ditutup saat PPKM Darurat. Foto: Istimewa.

Pertokoan yang ditutup saat PPKM Darurat. Foto: Istimewa.

Sejumlah Toko Nekat Buka, Wawali Solo: Ikut Aturan Pemerintah

Teguh Prakosa mengaku sudah menegur usaha yang masih nekat buka.

Selasa, 06 Juli 2021 | 11:45 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Solo – Sejumlah pertokoan di wilayah Pasar Kliwon, dilakukan penutupan oleh petugas gabungan lantaran nekat buka saat PPKM Darurat, Senin (5/7). Selain ditutup, sejumlah toko itu juga ditempeli stiker bertuliskan lokasi usaha ditutup sementara.

Wakil Walikota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa mengaku sudah menegur usaha yang masih nekat buka. Namun, tetap saja ada sejumlah toko yang nekat buka. “Tutup dulu nggih pak, ikut aturan pemerintah,” tuturnya, (5/7).

BERITA TERKAIT:
10 Kota dengan Udara Pagi Paling Bersih se-Indonesia, Solo Salah Satunya
Sejumlah Sektor Wisata di Solo Tutup di Awal Ramadan
Nama Kaesang Masuk Bursa Pilkada Solo, Erina di Sleman 
Gegara Cuaca Buruk, Pendaratan Dua Pesawat Sempat Dialihkan ke Semarang
Mengintip Keseruan Lomba Lari Maraton Perempuan di Solo

Teguh mengatakan, pemilik toko seharusnya sudah tahu aturan PPKM Darurat karena informasi ini sudah tersebar luas di media dan lainnya. “Ini (PPKM Darurat) bukan di Solo saja ya, seluruh daerah menerapkan PPKM Darurat. Situasinya sama, bahkan lebih sunyi lagi. Harapannya bisa manut, bisa nurut, korona bisa ditekan angka persebarannya,” tegasnya.

Teguh menegaskan, pengawasan lokasi usaha yang ditutup akan dilakukan oleh tiap-tiap kelurahan dan kecamatan setempat. Pihak kelurahan bisa langsung menegur apabila ada yang melanggar. Apabila ada yang bandel bisa berkoodinasi dengan polsek untuk proses hukum selanjutnya.

Menurut Teguh, masih banyak pelanggaran terjadi selama dua hari penerapan PPKM Darurat. Terutama masyarakat yang nekat nongkrong tanpa keperluan penting, hingga warung makan tetap melayani makan di tempat.

“Ayo kita sadar bersama. Kalau hanya pemerintah yang bergerak, masyarakatnya tidak tergerak, sama saja usaha kita ini sia-sia,” tukasnya.

***

tags: #solo #pasar kliwon #ppkm darurat #pertokoan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI