Ilustrasi beras. Foto: Istimewa.

Ilustrasi beras. Foto: Istimewa.

Polda DIY Beli Beras Panen Petani yang Menumpuk

Ada sekitar dua ton lebih beras yang dibeli langsung dari petani.

Selasa, 03 Agustus 2021 | 14:23 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Yogyakarta - Pandemi Covid-19 juga berdampak bagi para petani di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk itu Polda DIY berinisiatif membeli beras hasil panen petani yang menumpuk di gudang.

WakaPolda DIY Brigjen R Slamet Santoso mengatakan aksi sosial ini tercetus saat dia memantau kegiatan vaksinasi di Ditpolair Polda DIY beberapa hari yang lalu. Saat kunjungan tersebut dirinya berdialog dengan salah satu warga yang divaksin yang bercerita jika saat ini hasil panen berasnya menumpuk.

BERITA TERKAIT:
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda DIY Gelar Olahraga Bersama dan Bagi-bagi Doorproze
Ade Armando Dilaporkan ke Polda DIY, Ini Penyebabnya
Jelang Pemilu, Wakapolri Apresiasi Polda DIY Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan
Polda DIY Bantu Air Bersih dan Paket Sembako ke Warga Desa Sampang Gunungkidul
Akhir Kasus Kekerasan Seksual Anggota BEM FMIPA UNY, Pengirim Menfess Jadi Tersangka

"Ada petani yang berkeluh kesah, panennya (beras) menumpuk. Kita coba bantu," ungkapnya, Selasa (3/8).

Ia mengatakan bukan hanya Polda DIY saja yang ikut membantu para petani. Ada CSR mitra Polri yang memberi bantuan sebesar Rp20 juta. Bantuan itu akan dibelanjakan beras dari petani langsung.

Beras itu, kata dia, nantinya akan dikemas dan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Dia menyebut dengan langkah ini pihak pemberi CSR maupun petani sama-sama diuntungkan. "Beras itu nantinya akan kita distribusikan ke warga yang membutuhkan. Sehingga pemberi bantuan (CSR) senang, permasalahan petani teratasi, warga yang membutuhkan penerima manfaat juga terbantu. Kita (Polda) hanya sebagai sarana saja," jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga ekonomi kembali membaik. Dia pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi untuk mempercepat herd immunity.

"Agar pandemi segera berakhir, kami imbau kepada masyarakat, ayo vaksin agar herd immunity segera terwujud, dan perekonomian dapat berjalan dengan baik," pintanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto menambahkan Polda DIY membeli beras dari petani di Kulon Progo dengan harga Rp8.500 per kilogram. Harga itu lebih tinggi dari harga pasaran yakni Rp7.500 per kilogram.

Ada sekitar dua ton lebih beras yang dibeli langsung dari petani. "Semoga dari kegiatan ini para petani dapat terbantu, dapat meningkatkan penghasilannya di masa prihatin saat ini (pandemi)," pungkasnya.

***

tags: #polda diy # membeli beras hasil panen petani #covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI